Cara Mengobati Penyakit Rematik

Rematik atau arthritis adalah sebuah kondisi yang menyakitkan, bahkan berdampak degeneratif yang biasanya ditandai dengan peradangan pada bagian sendi. Selain itu, rematik juga biasanya menyebabkan terjadinya rasa nyeri dan kekakuan. Penyakit rematik sendiri memiliki banyak jenisnya dan osteoarthritis adalah jenis yang paling umum. Biasanya osteoarthritis terjadi dan semakin parah pada orang-orang yang berusia lanjut. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa mengikuti beberapa panduan cara mengobati penyakit rematik di bawah.

Cara Mengobati Penyakit Rematik

Cara Mengobati Penyakit Rematik

  1. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih dapat meningkatkan rasa sakit akibat rematik. Hal tersebut disebabkan oleh semakin tertekannya sendi oleh lemak, terlebih pada bagian kaki, lutut dan pinggul. Oleh sebab itu, sangatlah bijak bagi Anda untuk mulai menurunkan berat badan secara konsisten. Selain dapat mengobati rematik, hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih sehat, sekaligus terhindar dari banyak penyakit mematikan.

  1. Olahraga

Olahraga bukan hanya akan menurunkan berat badan Anda, namun juga menjaga fleksibilitas tubuh, terkhusus bagian-bagian sendi. Namun begitu, Anda harus memperhatikan olahraga seperti apa yang tepat bagi penderita rematik. Anda harus menghindari latihan menahan beban, seperti berjalan atau angkat besi dan mulai berlatih aerobik, senam dan berenang agar sendi menjadi lentur.

  1. Kompres dingin

Cara mengobati penyakit rematik selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Anda bisa membungkus beberapa batu es ataupun sayuran beku di dalam sebuah handuk. Setelah itu, terapkan kompres tersebut ke daerah-daerah pusat rasa nyeri. Dengan cara ini, rasa nyeri akibat rematik dapat menghilang dengan cepat.

  1. Akupuntur

Akupuntur sudah terkenal sejak lama sebagai teknik pengobatan alami masyarakat Cina kuno. Biasanya akupuntur menggunakan media jarum tipis yang ditusukan ke titik-titik tertentu di permukaan kulit. Para ahli akupuntur biasanya mengetahui sumber-sumber rasa sakit, termasuk rasa sakit akibat penyakit rematik.

  1. Meditasi

Meditasi dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati penyakit ematik secara alami dan sederhana. Biasanya dampak yang timbul setelah meditasi adalah badan yang segar bugar dan rasa sakit yang menghilang. Selain itu, meditasi atau relaksasi juga memberikan efek yang baik untuk menanggulangi stres.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health disebutkan bahwa meditasi dapat sangat membantu mengatasi rasa nyeri sendi. Bahkan penelitian lainnya menyebutkan bahwa meditasi dapat bermanfaat untuk menangani depresi.

  1. Pijat

Cara mengobati penyakit rematik selanjutnya selain akupuntur adalah pijat. Dalam sebuah penilitian yang dilakukan oleh Arthritis Foundation disebutkan bahwa memijat dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat rematik sendi. Selain itu, memijat juga dapat melancarkan peredaran darah sekaligus mengobati bagian-bagian tubuh yang kaku.

  1. Suplemen herbal

Cara mengobati penyakit rematik atau arthritis yang terakhir adalah dengan menggunakan berbagai ramuan herbal. Ada banyak apotek hidup yang dapat Anda gunakan untuk mengobati nyeri sendi, seperto ginkgo, cakar setan, boswellia, kunyit, jelatang dan guntur dewa anggur. Namun begitu, tetap konsultasi kepada ahli medis dalam menggunakannya. Terlebih jika Anda belum benar-benar yakin bahwa penyakit yang diderita adalah rematik.


Cara Mengobati Penyakit Rematik | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply