Cara Mengobati Penyakit Keputihan

Keputihan atau leukorrhea adalah salah satu dari sekian banyak masalah yang sering diidap oleh wanita. Pada umumnya, orang-orang menyangka bahwa keputihan hanya akan menimbulkan keputihan. Padahal, keputihan memiliki gejala yang lebih banyak lagi, mulai dari iritasi, ketidaknyamanan, bau, gatal-gatal, kekuningan hingga infeksi. Penyebabnya sendiri karena organ intim memiliki ukuran yang terlalu tipis atau terlalu tebal dan muncul saat siklus menstruasi ataupun selama masa kehamilan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat berkonsultasi pada dokter wanita yang berkopenten atau mencoba beberapa cara mengobati penyakit keputihan di bawah ini.

Cara Mengobati Penyakit Keputihan

Cara Mengobati Penyakit Keputihan

  1. Cuka sari apel

Cuka apel dianggap bermanfaat untuk mengobati penyakit leukorrhea. Fungsi utamanya adalah sebagai penyeimbang tingkat pH atau keasaman secara alami pada tubuh. Selain itu, cuka sari apel juga mengandung sifat antiseptik dan asam yang dapat memulihkan kualitas asam flora yang terdapat pada daerah intim wanita, tentunya sekaligus menghilangkan bau yang ditimbulkan.

 

Untuk pengolahannya, Anda hanya perlu mencampurkan cuka sari apel dengan air suling dengan takaran yang sama. Gunakan untuk mencuci daerah intim sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. Anda juga bisa meminum segelas air putih yang dicampur dengan 2 sdm cuka apel.

 

  1. Biji fanugreek

Biji fanugreek dipercaya mampu meningkatkan kadar pH serta estrigen. Selain itu, biji dari tanaman apotek hidup ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Untuk cara penggunaannya, Anda hanya perlu merendam terlebih dahulu 1 sdt biji fanugreek di dalam air semalaman. Pada pagi hari, saring airnya dan tambahkan madu sebanyak 1 1/2 sdt. Minum air biji fanugreek tersebut pada saat perut masih kosong.

 

  1. Buah pisang

Buah pisang juga ternyata dipercaya dapat menjadi cara mengobati penyakit keputihan yang efektif. Buah kuning ini mampu mengurangi masalah gangguan pencernaan serta kelesuan yang menjadi salah satu gejala keputihan. Untuk pengolahannya, Anda bisa mengonsumsi 1 atau 2 buah pisang yang sudah masak setiap hari.

 

  1. Buah ara

Buah ara sudah dipercaya sejak dulu dapat mengobati penyakit keputihan atau leukorrhea. Kandungan buah ara memiliki efek pencahar yang sangat kuat, sehingga dapat mengeluarkan sisa-sisa limbah dan racun yang berbahaya bagi tubuh. Secara bersamaan, buah ara juga dapat mengurangi keputihan.

 

Olah 2 hingga 3 buah ara kering di dalam secangkir air dengan cara direndam semalaman. Pada pagi harinya, minum air pada cangkir tersebut ketika perut masih kosong. Selain buahnya, Anda juga bisa mengiling kulit pohon ara bersamaan dengan kulit pohon beringin. Selanjutnya campurkan 1 sdm bubuk tersebut dengan 2 gelas air. Gunakan cairan tersebut untuk mencuci organ intim.

 

  1. Delima

Cara mengobati penyakit keputihan yang terakhir adalah dengan menggunakan delima. Buah delima memiliki sifat penyembuh yang cukup kuat. Sifat obatnya tersebut ternyata mampu menyembuhkan penyakit keputihan. Bukan hanya bagian buahnya, bagian daun serta kulit delima pun memiliki khasiat yang sama. Untuk cara penggunaannya, Anda hanya perlu mengonsumsi segelas jus delima setiap hari selama sebulan.

Cara Mengobati Penyakit Keputihan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply