Cara Mengobati Penyakit Hernia

Mengobati Penyakit Hernia

Hernia adalah suatu penyakit yang menyerang bagian titik lemah pada otot atau sekitarnya. Serangannya akan mirip seperti peremasan dan dilakukan oleh jaringan organ serta lemak. Biasanya proses tersebut disebut dengan nama fasia. Hernia sendiri banyak macamnya, namun yang paling umum adalah hernia inguinalis yang menyerang pangkal paha bagian dalam. Selain itu, ada juga hernia insisi, femoral, pusar dan hiatal. Ada beberapa cara mengobati penyakit hernia yang dapat Anda lakukan di rumah dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada daftar di bawah ini.

Cara Mengobati Penyakit Hernia

Cara Mengobati Penyakit Hernia

  1. Teknik penyesuaian sederhana

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati atau setidaknya membuat sakit akibat hernia menjadi lebih ringan. Salah satunya adalah melakukan teknik penyesuaian sederhana. Ketika bangun dari itu, usahakan mengkonsumsi air minum sebanyak 500 ml. Setelah itu, berdirilah di atas jari-jari kaki Anda. Ulangi proses tersebut berjali-kali.

Anda juga dapat mengkonsumsi air hangat untuk mengurangi sakit akibat hernia. Hal tersebut bertujuan untuk melemaskan bagian diafragma dan perut. Selain itu, teknik ini juga membuat semua berat terfokus pada perut. Ketika berat air turun, maka perut akan tertarik ke bawah. Dalam kasus hernia yang ringan, cara ini dapat mengatasi hernia dengan mudah. Sedangkan untuk kasus berat, teknik penyesuai sederhana ini dapat membantu melonggarkan perut, sehingga masalah hernia lebih terasa ringan.

  1. Olahraga

Penelitian menyebutkan bahwa olahraga angkat berat yang tidak benar dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya hernia. Hal tersebut dikarenakan beban yang berat ketika mengangkat besi dapat menyebabkan otot-otot perut melemah. Namun begitu, dilain sisi, obesitas adalah penyebab lainnya yang menjadi faktor utama terkena penyakit hernia.

Oleh sebab itu, cara mengobati penyakit hernia yang terbaik adalah melakukan olahraga yang berfokus pada penguatan otot-otot perut tanpa berlebihan dengan pelatih yang tepat dan mengetahui kondisi Anda yang sebenarnya. Ketika latihan yang Anda lakukan benar dan tidak berlebihan, maka otot-otot perut akan kuat. Secara bersamaan, lemak di perut akan berangsur-angsur berkurang, sehingga penyakit hernia akan sembuh dengan mudah.

  1. Suplemen dan diet

Pada dasarnya hernia adalah penyakit sembelit kronis. Oleh sebab itu, Anda yang mengalaminya harus mengkonsumsi cukup banyak serat ketika melakukan diet. Ada banyak jenis bahan makanan yang tinggi serat, diantaranya adalah buah persik, apel, alpukat, pir, biji rami dan kacang-kacangan. Selain itu, cara mengobati penyakit hernia dengan diet selanjutnya adalah rajin mengkonsumsi makanan yang tinggi protein namun rendah lemak. Ada banyak produk herbal yang dibuat dalam bentuk suplemen. Anda dapat mencari produk-produk suplemen seperti metamucil dan citrucel. Suplemen tersebut juga dapat mengatur buang air besar.

  1. Kompres dingin

Cara mengobati penyakit hernia yang terakhir adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Anda dapat mengompres wilayah yang dirasa sebagai sumber rasa sakit. Dengan cara ini, nyeri yang timbul akibat hernia akan terbantu secara instan. Anda dapat membuat kompres menggunakan handuk yang direndam dengan air dingin.

Cara Mengobati Penyakit Hernia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply