Cara Mengobati Panu dengan Cepat dan Alami

Panu atau bisa juga disebut pitiriasis versikolor merupakan keadaan dimana kulit mengalami infeksi jamur. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda, wanita ataupun pria. Biasanya jamur yang menginfeksi merupakan genus Malassezia dan memiliki kemampuan untuk tumbuh di luar kendali, bahkan hingga mempengaruhi pigmentasi. Gejalanya bisa membuat kulit kering bersisik dan gatal. Sedangkan penyebabnya dikarenakan cuaca yang panas dan lembab, keringat berlebih, kulit berminyak, sistem imun lemah dan masih banyak lagi. Anda yang mengalami masalah ini bisa mencoba berbagai cara mengobati panu secara cepat dan alami pada pembahasan berikut.

Cara Mengobati Panu dengan Cepat dan Alami

Cara Mengobati Panu dengan Cepat dan Alami

  1. Minyak pohon teh

Minyak esensial ini sudah terkenal akan sifat anti-jamur yang terkandung di dalamnya. Yang mana sangat cocok untuk menahan penyebaran infeksi panu, sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan 5 hingga 7 tetes minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak zaitun atau kelapa. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut ke area kulit yang terkena panu menggunakan kapas. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari selama beberapa minggu.

  1. Lidah buaya

Aloe vera juga ternyata bisa dijadikan cara mengobati panu dengan cepat dan alami. Kandungan protein pada lidah buaya diteliti mengandung sifat anti-jamur dan anti-inflamasi yang efektif menyembuhkan panu. Selain itu juga, lidah buaya dapat menahan perkembang biakan jamur.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk diterapkan langsung ke daerah panu. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Anda juga bisa meningkatkan khasiatnya dengan mengolah gel bersama dengan beberapa tetes minyak lavender.

  1. Yogurt

Infeksi jamur penyebab panu juga bisa diobati oleh yogurt polos (tanpa gula). Hal ini dikarenakan kandungan probiotik pada yogurt yang cocok untuk menahan pertumbuhan jamur, sekaligus mendorong percepatan penyembuhan dan menjaganya tidak kembali.

Anda bisa mengoleskan secara langsung yogurt ke kulit yang bermasalah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Anda juga bisa membantu proses penyembuhan dengan mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir yogurt setiap hari untuk melawan ragi (jamur) di dalam tubuh (internal).

  1. Kunyit

Cara mengobati panu secara cepat dan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Di sini kunyit dapat dijadikan obat antiseptik alami, sekaligus sebagai antijamur dan antibiotik yang dapat mempercepat penyembuhan, sekaligus mencegah infeksi datang kembali. Anda bisa mandi menggunakan air yang diberi 3 hingga 4 sdt jus kunyit mentah.

  1. Bawang putih

Sama dengan bahan-bahan alami sebelumnya, bawang putih juga memiliki sifat antijamur, sehingga dapat dijadikan cara mengobati panu dengan cepat dan alami. Selain itu bawang putih juga dapat meredam dampak dari panu, khususnya gatal-gatal. Untuk pengolahannya sendiri sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak bawang putih ke area panu. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas sembari mandi.

Cara Mengobati Panu dengan Cepat dan Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply