Cara Mengobati Luka Bakar secara Alami

Salah satu kecelakaan yang paling umum yang terjadi di dalam rumah adalah luka bakar. Tapi tingakatannya berbeda-beda, tergantung dari seberapa parah dan dalamnya luka tersebut. Namun yang pasti, luka bakar terjadi karena memanasnya sel-sel tubuh akibat benda luar, termasuk listrik, efek termal dan kimia. Selain itu, luka bakar juga bisa sembuh dengan cepat, namun juga bisa secara permanen. Jika Anda atau keluarga mengalami kecelakaan yang telah dipaparkan di atas, beberapa cara mengobati luka bakar secara alami di bawah ini mungkin dapat dijadikan jalan pintas selain pergi ke dokter.

Cara Mengobati Luka Bakar secara Alami

  1. Air dingin

Air dingin bisa Anda jadikan pengobatan pertama ketika terkena luka bakar. Dengan menempatkan air dingin pada daerah yang terluka, sel-sel yang terlalu panas dapat diredam dan rasa sakit yang timbul akan berkurang. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan es batu pada bagian yang terkena luka bakar untuk tujuan yang sama.

Letakan es batu selama kurang lebih 10 menit. Biasanya luka bakar akan membuat kulit mengalami overheating dan dehidrasi. Oleh sebab itu, baik meletakan es batu maupun meminum air putih sebanyak 2 liter dapat membuat suhu tubuh dan kulit yang terkena luka bakar kembali normal.

  1. Madu

Setelah menerapkan air dingin, Anda dapat menggunakan madu sebagai cara mengobati luka bakar secara alami dan efektif. Madu memliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan berbagai macam luka, termasuk luka bakar. Anda dapat mengoleskan madu organik pada daerah yang terbakar. Selain untuk pemulihan, madu juga berperan untuk menghalau polutan eksternal sekaligus melembabkannya, sehingga tidak muncul infeksi yang menyebabkan luka bertambah parah.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki tiga sifat utama yang dapat menyembuhkan sekaligus menjaga luka bakar selama proses penyembuhan. Ketiga sifat tersebut adalah antiseptik, antibakteri dan sifat penyembuhan. Anda juga bisa menambahkan susu untuk penggunaan secara internal. Fungsinya sebagai pengurang rasa sakit akibat peradangan.

Berikut Contoh Video cara Mengatasi Luka Bakar:

Untuk penggunaan di luar, Anda dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan bubuk kunyit. Setelah itu oleskan ramuan tersebut keseluruh bagian kulit yang terbakar. Ramuan ini bukan hanya digunakan untuk membantu proses penyembuhan, namun juga dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi.

  1. Pepaya

Biasanya luka bakar bukan hanya memberikan rasa sakit yang sangat, namun juga menimbulkan bekas berupa jaringan mati yang bersifat permanen. Disini buah pepaya dengan kandungan enzimnya bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan membuatnya mengelupas.

  1. Daun pisang

Daun pisang adalah obat terakhir dalam pembahasan kali ini yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati luka bakar secara alami. Nantinya daun pisang berfungsi untuk mendinginkan serta menghentikan pendarahan. Selain itu, daun pisang juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada bagian luka yang terbakar, termasuk sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat kulit yang terbakar.

Cara Mengobati Luka Bakar secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply