Cara Mengobati Kurap secara Alami

Kurap atau dermatofitosis merupakan infeksi jamur yang mempengaruhi keadaan kuku dan kulit, termasuk bagian kulit kepala. Nama medis dari kurap adalah tinea, dimana kondisi ini merupakan keadaan psoriasis yang tidak membahayakan jiwa. Anda yang mengalami masalah kurap dapat membeli obat untuk mengatasinya. Namun jika Anda membenci obat kimia, ada baiknya Anda mencoba daftar cara mengobati kurap secara alami di bawah ini.

Cara Mengobati Kurap secara Alami

Cara Mengobati Kurap secara Alami

  1. Cuka sari apel

Cuka apel mengandung senyawa yang bersifat anti jamur. Itu mengapa cuka ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi kurap. Untuk penggunaannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu menerapkan cuka sari apel ke area kulit yang terkena kurap. Gunakan bola kapas agar seluruh bagian kulit terkena cuka secara merata. Lakukan pengobatan alami ini sebanyak 3 hingga 5 kali dalam sehari selama tiga hari.

  1. Minyak kelapa

Salah satu jenis minyak esensial ini memiliki sifat yang mampu dengan efektif menyembuhkan infeksi penyebab kurap. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menghilangkan gatal dan membuat kulit lebih lembut dan halus. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke area yang terkena kurap sebelum tidur. Diamkan semalaman agar kurap perlahan menghilang. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan jenis minyak esensial lainnya, seperti lavender dan jojoba.

  1. Kunyit

Cara mengobati kurap secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan rempah-rempah kunyit. Salah satu bumbu dapur yang populer di Indonesia ini memiliki sifat antibiotik alami yang cukup kuat. Dengan sifatnya tersebut, Anda dapat menggunakannya ntuk menyingkirkan berbagai jenis infeksi dari jamur dan bakteri, termasuk kurap. Cara penggunaannya pun sederhana, dimana Anda hanya perlu membuat kunyit menjadi jus, lalu menerapkan jus tersebut menggunakan bola kapas ke area kurap. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera ternyata dipercaya mampu menyingkirkan infeksi penyebab penyakit kurap. Anda hanya perlu mengambil bagian gel dari lidah buaya, setelah itu menerapkannya pada seluruh kulit yang terkena kurap. Lakukan cara ini sebelum tidur, lalu tunggu semalaman. Keesokan harinya Anda dapat mencuci daerah panu hingga bersih. Gunakan lidah buaya setiap hari hingga kurap benar-benar sembuh.

  1. Teh serai

Teh serai dipercaya mampu mengurangi rasa gatal akibat kurap, sehingga memberikan bantuan yang baik dalam proses penyembuhan. Untuk penggunaannya sendiri adalah dengan diseduh dan konsumsi sebanyak tiga kali dalam seharu. Selain itu, sisa kantong tehnya dapat Anda terapkan pada daerah yang terkena kurap.

  1. Daun zaitun

Cara mengobati kurap secara alami yang terakhir pada pembaasan kali ini adalah dengan menggunakan daun zaitun. Bukan hanya produk minyaknya, ternyata daunnya pun juga memiliki manfaat untuk mengobati banyak jenis penyakit, termasuk untuk melawan infeksi kurap. Sifat anti jamur yang terdapat pada daun ini juga diteliti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara penggunaannya sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi daun zaitun sebanyak tiga kali dalam sehari.

Cara Mengobati Kurap secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply