Cara Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang muncul pada ovarium wanita, baik satu ataupun dua permukaan. Kebanyakan kista tidak dianggap berbahaya, namun sebagian lainnya kadang menimbulkan ketidaknyamanan, seperti nyeri pada pinggul, nyeri saat buang air besar, perut kembung hingga masalah kesuburan. untuk mengatasi masalah kista yang menimbulkan ketidaknyamanan, Anda bisa menerapkan beberapa cara  mengobati kista ovarium pada daftar berikut.

Cara Mengobati Kista Ovarium

Cara Mengobati Kista Ovarium

  1. Bantal panas

Panas yang timbul dari bantal panas atau botol air panas dipercaya secara efektif dapat mengurangi gejala-gejala kista, khususnya nyeri pada perut serta kram otot. Untuk menerapkan cara ini, Anda bisa menempatkan bantal karet berisi air panas di bawah panggul perut. Diamkan selama 15 menit atau hingga rasa sakit berkurang. Cara ini bisa Anda terapkan setiap hari.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan obat kuno bagi penyakit kista ovarium. Fungsi dari minyak esensial ini nantinya sebagai pembersih tubuh dari racun serta jaringan yang berlebih. Selain itu minyak jarak juga dapat merangsang sistem peredaran darah serta limfatik, sehingga berdampak pada pengurangan serta pelarutan kista ovarium.   Untuk cara penggunaannya, Anda bisa meneteskan minyak jarak ke kain flanel. Setelah itu lipat kain tersebut dalam beberapa lapisan. Selanjutnya tempatkan kain pada perut hingga tertutup semua. Metode ini dapat digunakan sesuai kebutuhan, namun jangan gunakan saat sedang menstruasi dan setelah ovulasi.

  1. Cuka sari apel

Cara mengobati kista ovarium selanjutnya yang tidak kalah efektif adalah cuka sari apel. Fungsi dari cuka yang sangat terkenal ini adalah untuk membantu mengecilkan kista ovarium, yang mana kista ini biasa muncul akibat kekurangan kalium.   Anda bisa membuat ramuan dengan cara mencampurkan segelas air hangat dengan 1 sdm cuka sari apel. Konsumsi ramuan ini sebanyak 1 hingga 2 gelas per hari hingga kista menghilang.

  1. Jahe

Jahe memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan serta rasa sakit yang timbul akibat kista ovarium. Selain itu jahe juga bisa meningkatkan panas di dalam tubuh, sekaligus menginduksi menstruasi.   Anda bisa membuat jus jahe dengan mudah. Caranya dengan mencampurkan 2 inci potongan jahe dengan 2 tangkai seledri, 1/2 cangkir jus apel serta 3/4 jus nanas. Konsumsi ramuan jahe tersebut sebanyak 1 hingga 3 cangkir setiap hari.

  1. Almond

Almond populer karena rasanya yang lezat dan kandungan magnesium yang amat banyak. Senyawa magnesium tersebut dipercaya dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kista ovarium.   Untuk metodenya, Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa almond panggang kering. Cara ini sangat cocok manakala gejala rasa sakit serta ketidaknyamanannya muncul. Selain dimakan, Anda juga bisa menggunakan minyak almond untuk memijat bagian perut. Untuk meningkatkan khasiatnya, Anda harus mengiringi cara mengobati kista di atas dengan rutin mengonsumsi air putih, menjaga kebersihan area kewanitaan serta berkonsultasi dengan dokter bila perlu.

Cara Mengobati Kista Ovarium | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply