Cara Mengobati Keloid secara Alami

Keloid terjadi akibat pertumbuhan jaringan berserat yang abnornal. Keloid ini biasanya terbentuk dari waktu ke waktu dan disebabkan oleh peningkatan secara berlebihan jumlah kolagen pada area bekas luka, semisal luka jerawat, luka bakar ringan, gigitan ataupun goresan. Umumnya keloid tidak memberi rasa sakit, namun kadang menyebabkan gatal-gatal. Selain itu keloid juga menimbulkan kerusakan pada kulit, sehingga biasanya timbul bekas luka. Untuk Anda yang mengalami hal ini, Anda bisa mencoba salah satu cara mengobati keloid secara alami pada pembahasan berikut.

Cara Mengobati Keloid secara Alami

Cara Mengobati Keloid secara Alami

  1. Cuka sar apel

Cuka apel dapat dijadikan cara mengobati keloid. Efeknya sendiri untuk membentu memperkecil ukuran serta tingkat kemerahan dari keloid itu sendiri. Sedangkan untuk cara penggunaannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan cuka sari apel mentah untuk memijat area yang terkena keloid. Biarkan hingga cuka apel terserap ke dalam kulit selama beberapa menit dengan ditandai mengeringnya cuka. Lakukan cara ini beberapa kali sehari jika perlu hingga 4 sampai 5 mingguan.

  1. Baking soda

Anda bisa menggunakan baking soda sebagai agen abrasif. Selain itu, baking soda juga dapat membantu pengelupasan kulit. Hal ini akan membuat keloid pada kulit Anda lebih cepat sembuh. Untuk penggunaanya, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan hidrogen peroksida dengan perbandingan 1 per 3 bagian. Aduk hingga seperti menjadi pasta. Selanjutnya oleskan ke seluruh bagian yang luka sebanyak tiga hingga empat kali sehari tergantung seberapa parah keloid.

  1. Jus lemon

Cara mengobati keloid secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan lemon. Seperti yang Kita tahu bersama, lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan, itu mengapa lemon dapat menyembuhkan berbagai jenis luka, termasuk juga keloid. Bahkan lemon juga dapat membantu menyamarkan pigmen kulit dari bekas luka akibat keloid.

Anda bisa membuat jus lemon segar dengan cara dijus atau membeli bubuk ekstraknya. Jika sudah, terapkan jus tersebut ke seluruh area keloid. Diamkan selama setengah jam, lalu cuci menggunakan air hangat. Lakukan cara ini setidaknya sekali dalam sehari.

  1. Madu

Kemampuannya sebagai humectant membuat madu dapat dijadikan obat tradisional untuk keloid. Anda bisa langsung mengoleskan madu ke area keloid. Jangan lupa juga untuk melakukan pijatan agar madu terserap ke dalam kulit. Cara ini juga dapat berkhasiat untuk mencegah akumulasi sel-sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah. Anda dapat menggunakan madu selama beberapa minggu.

  1. Bawang putih

Selain madu, bawang putih juga dapat Anda jadikan cara mengobati keloid secara alami. Hal ini dikarenakan bawang putih dapat mencegah berlebihnya prolifrasi fibroblast yang dapat menimbulkan keloid. Untuk cara penggunaanya, Anda bisa membeli minyak bawang putih atau meramunya sendiri. Setelah itu, terakan minyak bawang putih ke area keloid secara merata. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci hingga bersih.

Cara Mengobati Keloid secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply