Cara Mengobati Herpes secara Alami

Herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Herpes simplex. Dampak dari herpes sendiri cukup banyak, mulai dari rasa gatal yang sangat, kemerahan hingga bengkak dengan cairan atau luka di dalamnya. Letak dari herpes juga bermacam-macam, seperti di mata, alat kelamin, mulut dan bibir. Herpes sendiri bisa disebabkan karena berciuman, kontak kulit saat berhubungan badan, paparan sinar ultraviolet, menyentuh luka, kontak dengan membran mukosa (air liur orang yang terinfeksi) hingga penyakir-penyakit umum lainnya. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati herpes secara alami pada pembahasan berikut.

Image by pyroenergen.com

Image by pyroenergen.com

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat melembabkan kulit. Selain itu, minyak esensial ini juga kaya akan antioksidan, yang mana merupakan obat ampuh bagi luka herpes. Anda bisa memanaskan 1 cangkir minyak zaitun. Selanjutnya tambahkan minyak lavender dan lilin dari lebah. Campur dan diamkan hingga dingin. Setelah itu terapkan ramuan tersebut di area yang terinfeksi.

 

  1. Kompres es

Ini adalah cara yang mudah untuk melawan herpes, khususnya memberi bantuan untuk menghilangkan rasa sakit pada herpes yang ada di mata. Anda bisa mengambil beberapa bongkah es, lalu menghancurkannya. Setelah itu masukkan es tersebut ke dalam kantong plastik. Lanjutkan dengan meletakkannya pada luka selama 10 hingga 15 menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari hingga bengkak dan gatal-gatal menghilang.

 

  1. Baking soda

Cara mengobati herpes secara alami lainnya adalah dengan menggunakan ramuan baking soda. Dengan baking soda luka akibat herpes dapat diminimalisir, termasuk menghilangkan gatal dan rasa sakitnya. Anda bisa mengoleskan baking soda pada area terinfeksi menggunakan bola kapas basah. Namun tetap ingat untuk membuang langsung bola kapas setelah digunakan sekali.

 

  1. Minyak pohon teh

Minyak dari pohon teh memiliki kemampuan yang baik untuk mengobati wabah herpes. Anda bisa menyiapkan segelas air, setelah itu masukkan beberapa tetes minyak pohon teh. Untuk herpes pada mulut, Anda bisa menggunakan ramuan ini dengan cara dikumur. Sedangkan untuk herpes pada genital (kelamin), Anda bisa menggunakan botol obat tetes mata.

 

  1. Teh hitam

Kandungan tannin pada teh hitam memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus yang mampu secara efektif melawan virus herpes. Anda bisa mengambil bungkus teh hitam yang sebelumnya sudah dipakai. Diamkan hingga dingin, lalu terapkan pada area yang terinfeksi. Diamkan selama lebih dari 5 menit dan lakukan cara ini sekitar dua hingga tiga kali dalam sehari.

 

  1. Tepung jagung

Ternyata tepung jagung juga memiliki kandungan yang dapat menjadi solusi bagi penderita herpes. Kemampuannya dalam menyerap kelembapan berlebih pada kulit dapat membuat gatal-gatal pada herpes mereda. Anda bisa menerapkan secara langsung tepung beras pada area yang terinfeksi menggunakan bola kapas.

 

  1. Sabun dan air hangat

Cara mengobati herpes secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran air hangat dan sabun. Dengan merendam area yang terkena herpes dengan air hangat, rasa gatal dan sakit akan menghilang, sehingga proses penyembuhan akan lebih mudah. Selain itu, gunakan sabun sebagai campurannya untuk menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi. Namun tetap ingat untuk menggunakan handuk bersih dan menghindari berbagi bak mandi.

Cara Mengobati Herpes secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply