Cara Mengobati Gondok secara Alami

Gondok adalah sebuah penyakit, dimana terjadi pembesaran kelenjar tiroid yang berada pada leher. Hal ini sebenarnya adalah tanda bahwa tiroid telah mengalami kerusakan. Selain itu, gondok juga dapat terjadi akibat terlalu banyaknya hormon (hipertiroidisme) atau terlalu sedikit (hipotiroidisme). Namun begitu, semua bermuara pada ketidaknormalan kelenjar tiroid. Untuk mengatasi penyakit ini, ada banyak cara sederhana dan aman yang dapat Anda lakukan. Beberapa diantara cara mengobati gondok secara alami tersebut dapat Anda pelajari pada pembahasan berikut ini.

Cara Mengobati Gondok secara Alami

Cara Mengobati Gondok secara Alami

  1. Yodium

Salah satu penyebab utama Anda terkena gondok adalah karena kurangnya konsumsi yodium. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menyembuhkan leher dari gondok, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa takaran yodium untuk orang dewasa adalah 150 mikrogram per hari.

  1. Rumput laut

Rumput laut atau lebih khusus lagi yaitu kelp dipercaya dapat membantu penyembuhan gondok. Dengan kandungan yodium yang tinggi, kelp mampu membantu tubuh menormalkan fungsi tiroid. Selain itu juga, rumput laut ini mengandung banyak sekali nutrisi bagi tubuh, termasuk kalsium, kalium, zat besi dan magnesium. Anda dapat membeli kelp di toko-toko atau supermarket dalam keadaan kering atau sudah diacar.

  1. Selada air

Cara mengobati gondok secara alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi selada air. Sama seperti jenis rumput laut kelp, selada air juga dapat dijadikan sumber yodium, sehingga efektif untuk menanggulangi gondok. Selada air juga kaya akan mneral dan nutrisi lainnya, seperti germanium, sulfur dan antioksidan. Semua kandungan selada air tersebut dapat membantu tubuh menormalkan kembali kelenjar tiroid.

  1. Bawang putih

Salah satu rempah-rempah dapur ini juga ternyata dapat Anda jadikan cara mengobati gondok secara alami dan efektif. Dengan mengkonsumsi bawang metah sebanyak 3 hingga 4 siung perhari, Anda sudah dapat membantu tubuh memproduksi glutathione yang bermanfaat untuk membuat fungsi tiroid kembali lebih sehat. Selain itu, kandungan lainnya dalam bawang putih juga dipercaya mampu mengurangi pembengkakan pada leher akibat gondok.

  1. Teh hijau

Teh hijau terkenal akan kandungan antioksidan dan sluoride alaminya yang tinggi, itu mengapa teh jenis ini mampu membantu Anda mengubah fungsi tiroid kembali dalam keadaan sehat. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt teh hijau dengan secangkir air panas. Tunggu selama lima menit hingga dingin, lalu minum. Anda juga dapat mencampurkannya dengan madu untuk meningkatkan khasiatnya. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. makanan kaya selenium

Cara mengobati gondok secara alami yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan selenium. Perlu diketahui bersama bahwa selenium diperlukan oleh kelenjar tiroid untuk mengoptimalkan kinerjanya. Oleh sebab itu, kekurangan selenium dapat membuat fungsi tiroid melemah dan jika Anda kekurangan selenium dalam keadaan gondok, maka penyakit tersebut dapat bertambah mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, fokuslah pada makanan-makanan yang kaya akan selenium, seperti daging, kepiting, kerang, biji bunga matahari, bibit gandum, jamur, tuna, telur dan unggas.

Cara Mengobati Gondok secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply