Cara Mengobati Gingivitis secara Alami

Gingivitis merupakan bentuk yang sangat umum dan ringan dari sebuah penyakit gusi. Pada dasarnya gingivitis merupakan infeksi ringan yang terjadi pada gusi. Orang-orang terkadang tidak menyadari bahwa Mereka mengalami masalah ini. Namun ketika gingivitis berubah lebih tinggi masalahnya, maka bisa menyebabkan penyakit yang lebih rumit. Gingivitis sendiri biasa muncul dengan berbagai macam gejala, mulai dari iritasi, kemerahan, bengkak, bau, gigi longgar dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami gejala yang sama saat ini, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara mengobati gingivitis secara alami berikut.

Cara Mengobati Gingivitis secara Alami

Cara Mengobati Gingivitis secara Alami

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antibiotik. Itu mengapa minyak esensial ini cocok untuk mengobati gingivitis kronis. Fokus utama penggunaan minyak pohon teh adalah untuk membantu menyembuhkan iritasi dan peradangan pada gusi.

 

Anda bisa mencampurkan pasta gigi dengan beberapa tetes minyak pohon teh. Gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi Anda secara teratur setiap hari. Anda juga dapat membeli gel pohon teh dan menggunakannya untuk menyikat gigi, terutama bagian gusi yang bengkak. Namun tetap ingat untuk jangan menelan minyak pohon teh, karena bisa saja menyebabkan diare dan masalah iritasi lambung lainnya.

 

  1. Cengkeh

Cara mengobati gingivitis secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cengkeh. Dengan sifat antiseptik, antioksidan, analgesik dan anti-inflamasi yang kuat, cengkeh merupkan ramuan tradisional yang benar-benar cocok untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan mulut, termasuk juga gingivitis.

 

Anda cukup mengunyah 2 atau 3 siung cengkeh setiap 3 kali sehari. Cara ini akan membuat radang gusi lebih cepat sembuh. Selain itu, Anda juga bisa menggosokkan minyak cengkeh ke area gusi yang bermasalah. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

 

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga dapat Anda gunakan untuk mengobati gingivitis secara tradisional. Hal ini dikarenakan daun jambu juga kaya akan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi dan analgesik. Selain itu daun jambu biji juga mengandung guaijaverin yang dapat digunakan sebagai agen antiplaque.

 

Anda dapat mencuci terlebih dahulu daun jambu biji. Setelah itu kunyah daun tersebut selama beberapa lama, lalu muntahkan. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk beberapa minggu.

 

  1. Jus lemon

Lemon mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri, itu mengapa Anda bisa menggunakan jus lemon sebagai cara mengobati gingivitis secara alami. Selain itu lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat melawan infeksi. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan lemon dengan air hangat hingga menjadi jus. Setelah itu gunakan jus tersebut menjadi obat kumur setelah menggosok gigi. Lakukan cara ini dua kali sehari agar peradangan pada gusi dapat sembuh dengan cepat. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

Cara Mengobati Gingivitis secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply