Cara Mengobati Edema secara Alami

Edema (oedema) lebih Kita kenal dengan nama bengkak, merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat akumulasi cairan di dalam jaringan tubuh, sehingga menyebabkan pembengkakan. Pada umumnya edema bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh, namun secara khusus yang paling sering adalah bagian tangan, kaki dan pergelangan kaki. Penyebabnya sendiri bisa dikarenakan terlalu lama dalam satu posisi, kekurangan gizi, gigitan serangga, sindrom pramenstruasi, kehamilan dan prosedur bedah. Sedangkan untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa cara mengobati edema secara alami berikut ini.

Cara Mengobati Edema secara Alami

Cara Mengobati Edema secara Alami

1.Biji ketumbar
Biji ketumbar dapat berguna untuk mengobati edema. Sifat anti-inflamasi dari biji ketumbar dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang ditimbulkan. Selain itu, biji ketumbar juga dapat mendorong sirkulasi darah menjadi lebih baik.

Anda bisa mencampurkan 3 sdm biji ketumbar ke dalam 1 cangkir air. Didihkan sampai hingga air surut setengahnya. Saring dan diamkan hingga suhunya dingin. Selanjutnya konsumsi cairan tersebut 2 kali sehari hingga gejala edema menghilang.

2.Dandelion
Ramuan dandelion dapat dijadikan diuretik alami, sekaligus untuk mendorong pengeringan cairan. Selain itu dandelion memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengimbangi natrium di dalam tubuh. Hal tersebut secara tidak langsung dapat bertindak untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat edema.

Untuk cara penggunaannya mudah saja. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt daun dandelion segar ataupun kering dengan 1 cangkir air panas. Diamkan selama 5 hingga 7 menit, lalu saring. Selanjutnya konsumsi 2 hingga 3 cangkir cairan dandelion tersebut setiap harinya. Namun tetap perhatikan bahwa ramuan ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita masalah kandung empedu.

3.Peterseli
Cara mengobati edema secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan peterseli. Di sini peterseli membantu mengurangi pembengkakan serta rasa sakit. Cara kerjanya adalah dengan membuang kelebihan cairan. Menurut sebuah studi pada tahun 2002 yang diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology disebutkan bahwa para peneliti menemukan jika peterseli memiliki efek diuretik. Bahkan ada pula kemampuan re-absorption (penyerapan) terhadap sodium dan potasium.

Anda bisa mencampurkan 1 sdt peterseli kering dengan 2 gelas air. Rebus selama 10 menit, lalu saring. Minum ramuan tersebut sekali setiap hari pada pagi sebelum sarapan. Anda juga bisa menghancurkan terlebih dahulu peterseli hingga menjadi pasta. Selanjutnya terapkan ramuan tersebut ke area yang terkena edema. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

4.Memijat
Cara mengobati edema secara alami yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan memijat. Di sini pemijatan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit pada pembengkakan, sekaligus juga mengurangi benjolan yang ada. Secara rincinya, pijatan lembut dapat menciptakan tekanan pada daerah kulit dan otot yang terkena edema. Hal ini nantinya akan mengaktifkan sistem limfatik, sehingga saluran cairan akan pergi secara alami. Anda sendiri bisa melakukan pijatan menggunakan minyak esensial, seperti minyak zaitun, mustard ataupun kelapa.

Cara Mengobati Edema secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply