Cara Mengobati dan Mencegah Wasir

Wasir sering juga disebut dengan nama ambeien. Ini adalah penyakit yang umum terjadi pada orang-orang dewasa, khususnya yang sudah berusia 50 tahun. Wasir terjadi pada bagian sensitif manusia, yaitu lubang anus dan biasanya menyebabkan rasa sakit. Selain itu masih ada lagi gejala-gejala lainnya yang diakibatkan oleh wasir, seperti rasa tidak nyaman saat buang air besar dan timbulnya luka sehingga menyebabkan pendarahan. Ambeien juga tentunya menyebabkan rasa malu pada penderitannya. Untuk itu, ada baiknya Anda ketahui sedikit banyak cara mengobati dan mencegah wasir berikut ini.

Cara Mengobati dan Mencegah Wasir

  1. Menggunakan air hangat

Salah satu cara untuk mengobati sekaligus meringankan rasa nyeri yang timbul akibat wasir adalah dengan menggunakan air hangat. Cara ini sangat mudah dilakukan dan aman. Selain itu dengan air hangat, bagian-bagian wasir akan lebih bersih dari kotoran, termasuk kuman dan bakteri, sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

Untuk penerapannya Anda bisa menyiapkan wadah mandi berisi air hangat secukupnya. Setelah itu rendam tubuh bagian bawah Anda atau tepatnya bagian bokong hingga hilang rasa sakit akibat wasir. Cara ini mirip dengan obat pain killer (pembunuh rasa sakit), namun lebih alami dan bebas efek samping berbahaya.

  1. Membersihkan daerah wasir

Sebenarnya cara mengobati dan mencegah wasir yang kedua ini sama dengan poin pertama. Namun yang membedakan adalah cara membersihkannya. Anda bisa menggunakan sabun higienis untuk membersihkan area anus hingga benar-benar bersih. Jangan lupa juga untuk melakukan hal ini setelah buang air besar.

  1. Mengggunakan salep

Pada umumnya wasir dapat diatasi dengan menggunakan salep. Biasanya salep digunakan dengan cara topikal atau dioleskan secara langsung ke area wasir. Anda bisa membeli salep berupa krim kortikosteroid di apotek. Nantinya salep ini akan membantu pengguna mengurangi rasa sakit yang timbul akibat wasir. Selain itu salep ini juga akan membantu menahan terjadinya pembengkakan. Untuk penggunaan yang terbaik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, baik itu mengenai jenis salep maupun dosisnya.

  1. Rutin mengonsumsi air

Wasir bisa bertambah parah manakala feses dalam keadaan keras. Dan sejalan dengan itu, feses biasanya keras akibat tubuh kekurangan air. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencegah sekaligus mengobati wasir dengan cepat, maka rutinlah mengonsumsi air setidaknya 8 hingga 12 gelas setiap hari.

Selain air putih, Anda juga sebaiknya rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta makanan berserat lainnya, semisal biji-bijian.

  1. Hindari menggaruk

Cara mengobati dan mencegah wasir yang terakhir adalah dengan menghindari menggaruk. Jika Anda tidak ingin wasir bertambah parah, jagalah area anus tetap bersih. Salah satu caranya adalah dengan menghindari tangan menggaruk area wasir. Hal ini karena menggaruk dapat menyebabkan iritasi, bahkan pendarahan. Kuman yang terdapat pada jari pun bisa menular ke area wasir dan menyebabkan pembengkakan bertambah parah. Sebaiknya gunakan krim khusus agar gatal mereda. Baca juga Obat Wasir Alami

Cara Mengobati dan Mencegah Wasir | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply