Cara Mengobati Bengkak secara Alami

Bengkak adalah salah satu masalah kesehatan yang biasanya menyertai penyakit umum lainnya, seperti cedera dan sakit. Kebanyakan jenis bengkak dapat mereda berangsur-angsur sendirinya tanpa memerlukan suatu pengobatan. Biasanya bengkak sendiri muncul dalam banyak bagian tubuh, misalnya saja lengan, tangan, wajah dan kaki. Jika Anda sekarang sedang mengalami penyakit ini, beberapa cara mengobati bengkak secara alami di bawah ini mungkin dapat dijadikan alternatif penyembuhan.

Cara Mengobati Bengkak secara Alami

Cara Mengobati Bengkak secara Alami

  1. Minum air

Cara paling efektif nan alami yang pertama untuk meredakan bengkak adalah mengkonsumsi air putih sebanyak 10 hingga 12 gelas sehari. Dengan cara ini, nantinya resistensi air akan meredakan bengkak. Biasanya tubuh akan menyimpan air pada bagian kaki dan tangan ketika mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi air yang cukup dapat melepaskan semua air yang tersimpan tersebut.

  1. Mengangkat luka akibat cedera

Jika pembengkakan terjadi akibat adanya luka, Anda harus membuat bagian yang terluka tersebut berada setara atau di atas organ jantung. Cara yang paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan berbaring lalu mengangkat bagian yang cedera. Misalnya kaki Andalah yang membengkak, Anda dapat meletakkan kaki di atas bantal sehingga kaki berada di atas jantung. Dengan cara ini, nantinya cairan yang terdapat pada bengkak akan mengalir, sehingga pembengkakan akan mereda berangsur-angsur.

  1. Kompres panas dan dingin

Cara mengobati bengkak secara alami dan efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres. Misalnya saja Anda mengalami bengkak akibat reaksi alergi. Anda dapat meletakkan kompres dingin pada daerah yang bengkak. Nantinya kulit Anda akan mendingin dan bengkak akan mereda dengan sendirinya.

Pada contoh lainnya, jika Anda mengalami cederha akibat olaharaga sehingga muncul bengkak, Anda dapat mengompresnya menggunakan handuk hangat. Nantinya kompres panas tersebut akan menenangkan daerah luka yang membengkak sekaligus meredakannya. Anda juga dapat membuat kompres menggunakan botol kaca yang dililit dengan handuk. Cara ini juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat cidera.

  1. Olahraga

Jika Anda mengalami pembengkakan pada bagian kaki, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berolahraga. Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan, seperti berjalan kaki dan senam santai. Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan kaki agar peradangan dapat menurun.

  1. Air garam

Air garam dapat Anda jadikan cara mengobati bengkak secara alami. Ketika tangan atau kaki Anda bengkak, Anda dapat merendamnya menggunakan larutan garam dalam wadah berisi air. Diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit. Larutan garam dipercaya dapat menghilangkan cairan yang tertampung pada kaki dan tangan.

  1. Jus buah

Cara mengobati bengkak secara alami yang terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan ramuan jus buah. Jus buah memiliki peran yang sama dengan air putih. Anda yang mengalami bengkak pada wajah, tangan dan kaki akibat udara yang dingin dapat mengkonsumsi jus buah secara teratur hingga bengkak menghilang.

Cara Mengobati Bengkak secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply