Cara Mengobati Alergi secara Alami

Bagi jutaan orang, alergi adalah penyakit musiman yang cukup sulit untuk dihindari. Ketika musim tumbuhnya bebungaan, maka bermunculan serbuk sari ke udara, sehingga banyak penderita alergi kebingungan. Selain itu, ada pula berbagai macam jenis asap yang dapat memicu alergi semakin menjadi-jadi. Tidak lupa pula debu yang terjebak di rumah, yang mana semakin diperburuk oleh udara dingin. Melihat begitu jelasnya masalah ini, tidak ada salahnya Anda mencoba meramu beberapa cara mengobati alergi secara alami pada daftar berikut.

Cara Mengobati Alergi secara Alami

Cara Mengobati Alergi secara Alami

  1. Peppermint

Minyak esensial yang terdapat pada peppermint dapat dijadikan sebagai dekongestan. Selain itu, peppermint juga memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi, antibakteri serta antioksidan yang dapat meringankan reaksi alergi.

Cara penggunaannya sendiri terbilang sederhana. Anda bisa mencampurkan 1 sdm daun peppermint kering dengan 1 cangkir air mendidih. Diamkan selama 5 menit, lalu saring. Setelah dingin Anda bisa menambahkan 1 sdt madu agar rasanya lebih nikmat. Konsumsi ramuan ini sebanyak 2 hingga 3 cangkir dalam sehari hingga alergi menghilang.

  1. Uap

Uap dapat berguna untuk mengurangi gejala yang timbul pada alergi. Selain itu, uap juga dapat menyegarkan serta menenangkan sinus yang teriritasi. Bahkan uap juga sudah dipercaya sejak lama dapat membersihkan lendir yang ada pada saluran hidung. Yang mana lendir ini biasanya muncul secara berlebihan ketika terkena iritasi.

Anda bisa merebus beberapa gelas air hingga muncul uap. Masukkan air mendidih tersebut ke dalam panci atau mangkuk besar. Selanjutnya tambahkan 3 atau 4 tetes minyak eucalyptus, rosemary, pohon teh atau jenis minyak esensial lainnya. Terapkan handuk di atas kepala Anda, lalu dekatkan wajah ke atas mangkuk. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan selama 5 hingga 10 menit sebanyak satu hingga tiga kali dalam sehari.

  1. Cuka sari apel

Cara mengobati alergi secara alami lainnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Di sini cuka apel ternyata sudah dipercaya sejak dahulu kala sebagai obat alergi kuno. Kandungan antihistamin serta sifatnya sebagai antibiotik dapat dengan mudah mengobati reaksi alergi. Selain itu, gejala-gejala umum dari alergi, semisal hidung tersumbat, sakit kepala, gatal dan batu juga bisa diatasi dengan ramuan cuka apel.

Untuk pengolahannya, Anda bisa menambahkan 1 sdm cuka apel organik ke dalam segelas air. Selanjutnya tambahkan 1 sdm jus lemon serta 1 1/2 sdm madu mentah untuk menambah rasa dan khasiat. Konsumsi minuman ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Daun jelatang

Kandungan antuhistamin alami pada daun jelatang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati alergi secara alami. Anda bisa meletakkan daun kering jelatang ke dalam cangkir. Selanjutnya isi cangkir dengan air mendidih dan diamkan selama 5 menit. Lanjutkan dengan menyaringnya dan diamkan hingga dingin. Konsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari dengan tambahan sedikit madu.

Cara Mengobati Alergi secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply

Bantu Like Fanspage Kami ya
Atau Tunggu 10 Detik