Cara Mengobati Achilles Tendinitis

Achilles tendinitis merupakan salah satu dari sekian penyakit tenditis yang dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan dengan segala umur, namun umumnya penyakit ini terjadi pada atlet atau mereka yang memiliki aktivitas aktif. Achilles tendinitis sendiri adalah serangan peradangan yang terjadi pada tendon kaki, tepatnya pada bagian belakang kaki, sedikit di atas tumit dan diantara pergelangan. Jika dibiarkan maka rasa sakitnya akan sangat menggangu aktivitas. Untuk itu, dibutuhkan penanganan yang cepat dan salah satunya adalah dengan menggunakan beberapa cara mengobati achilles tendinitis berikut ini.

Cara Mengobati Achilles Tendinitis

Cara Mengobati Achilles Tendinitis

  1. Mengoleskan minyak jarak

Minyak jarak terkenal akan manfaatnya yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Modern ini, kandungan asam risinoleat pada minyak jarak, yang termasuk ke dalam sifat anti-inflamasi dipercaya 90 persennya dapat secara ideal membantu mengobati achilles tenditnitis. Anda bisa menggunakan salah satu jenis minyak esensial ini secara topikal, bukan diminum, yaitu dengan cara dioleskan secara langsung ke area yang sakit.

  1. Mengonsumsi kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga cocok digunakan sebagai salah satu cara mengobati achilles tendinitis. Anda bisa menambahkan salah satu rempah-rempah dapur tersebut ke makanan yang akan dikonsumsi. Nantinya kunyit akan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tendon Anda.

  1. Mengubah gaya hidup

Jika Anda ingin mengobati achilles tendinitis jauh lebih cepat, maka pola hdup yang buruk harus diubah. Misalnya saja jika Anda adalah seorang perokok, maka segera hentikan. Merokok dipercaya menjadi penyebab utama buruknya sirkulasi darah. Sebaliknya, berhenti merokok dapat menurunkan risiko terjadinya kondisi yang lebih parah (serius) pada pasien pengidap achilles tendinitis.

  1. Melakukan peregangan

Sebelum melakukan aktivitas, dianjurkan untuk melakukan peregangan, bahkan jika Anda hanya bekerja di depan komputer. Dengan cara ini proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat dan risiko untuk mengalaminya kembali akan jauh lebh kecil. Anda bisa melakukan peregagan selama 5 hingga 10 menit sekali sesi. Lakukan sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari. Cara ini juga cocok bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.

  1. Kompres es

Anda bisa mengompres bagian tendon atau kaki yang sakit menggunakan es. Namun Anda harus memasukkan es ke dalam handuk terlebih dahulu, sehingga suhu pada kaki akan berkurang secara perlahan, bukan terlalu cepat. Cara ini cocok untuk membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa nyeri.

  1. Berdiri

Cara mengobati achilles tendinitis yang terakhir adalah dengan berdiri. Diam dalam waktu lama pada posisi tertentu dapat memperparah keadaan achilles tendinitis. Untuk itu, ketika bekerja atau melakukan aktivitas yang membuat Anda diam dalam waktu lama, semisal duduk, maka Anda harus memberikan waktu sekian detik untuk beridiri. Dengan cara ini otot-otot pada kaki, khususnya pergelangan dapat beristirahat.

Cara Mengobati Achilles Tendinitis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply