Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkar hitam yang ada di bawah mata bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja karena penuaan pada bagian-bagian jaringan yang ada di sekitar mata. Selain itu, otot penyangga kelopak mata yang mengendur juga bisa jadi penyebabnya. Hal ini bisa semakin diperparah dengan berpindahnya lemak ke bagian bawah mata, sehingga membuat kantong yang bila cairan di dalamnya terakumulasi akan mengubah warna kulit menjadi hitam. Untuk itu, diperlukan beberapa cara menghilangan lingkaran hitam di bawah mata, seperti yang ada pada daftar berikut.

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

  1. Terapi

Ada beberapa terapi yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan lingkar hitam yang ada di bawah mata. Misalnya saja chemical peels dan fillers serta laser resurfacing. Dengan terapi, warna kulit akan lebih baik. Selain itu, kulit juga lebih kencang danremaja, sehingga bukan saja warna hitam yang hilang, namun juga tidak ada lagi kantong mata.

  1. Kompres dingin, irisan timun, tomat, ataupun kentang

Cara selanjutnya yag sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan mengompresnya menggunakan kain dan air dingin. Anda bisa membasahi kain dengan air dingin atau es, lalu posisikan kain di atas lingkar hitam mata. Diamkan selama beberapa menit.

Selain dengan kompres dingin, Anda juga bisa memotong timun, lalu meletakannya di atas mata. Diamkan selama 10-15 menit, lalu angkat. Anda juga bisa menggunakan tomat ataupun kentang dengan metode yang sama. Nantinya bahan-bahan ini akan membantu menghilangkan noda hitam di sekitar mata dengan efek pemutih alaminya.

  1. Cukup tidur

Salah satu penyebab menghitamnya kulit disekitar mata adalah karena kurang tidur. Oleh sebab itu, cara paling mudah adalah dengan beristirahat. Biasakan untuk memberi waktu yang cukup untuk tubuh, termasuk mata dan kulit untuk beristirahat. Menurut para ahli sendiri, sebaiknya tidur sekitar 7-8 jam per malam. Bila Anda hanya memiliki waktu sedikit, maka gunakan sebaik-baiknya.

Selain itu, bila bisa, tidurlah dengan kepala sedikit terangkat. Misalnya dengan menggunakan tambahan bantal atau dengan menyangga kepala menggunakan tangan. Cara ini nantinya akan membantu mencegah terjadinya akumulasi cairan di sekitar mata saat tidur.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Cara menghilangan lingkaran hitam di bawah mata selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Munculnya lingkar hitam di mata sering dikaitkan dengan kurangnya asupan vitamin K atau antioksidan dan juga vitamin B12, yang sejalan dengan itu dikaitkan pula dengan anemia.

Oleh sebab itu, sudah semestinya Anda mengonsumsi banyak makanan bergizi. Terutama buah dan sayuran, khususnya lagi sayur berdaun hijau, semisal bayam. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin setiap hari bila perlu dan juga menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih secara rutin.

  1. Mengatasi alergi

Alegi merupakan salah satu akar masalah hitamnya kulit di sekitr mata. Oleh sebab itu, cara menghilangan lingkaran hitam di bawah mata selanjutnya adalah dengan memeriksakan diri. Bila memang karena alergi, maka bisa menggunakan obat alergen. Umumnya alergi yang menyerang dalam kasus ini adalah alergi terhadap tepung terigu atau intoleransi gluten. Pengujian sendiri bisa dilakukan dengan tes darah oleh ahli.

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply