Cara Menghilangkan Kutil di Kelopak Mata

Pernahkah terpikir bagaimana cara menghilangkan kutil di kelopak mata? Mungkin bagi sebagian orang, sama sekali awam dengan yang namanya kutil karena memang tidak semua orang mengalami jenis penyakit yang satu ini. Tetapi ada juga beberapa golongan orang yang sering mengalami kutil, bukan cuma di jemari kaki dan tangan, namun juga sampai di kelopak mata dan sudah tentu akan membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri.

cara menghilangkan kutil dikelopak mata

cara menghilangkan kutil dikelopak mata

Kalau sudah terkenal kutil, biasanya akan membuat penderita merasa kurang percaya diri untuk bergaul. Karena khawatir orang lain akan merasa jijik dan takut tertular kutil tersebut. Padahal sebenarnya virus yang menjadi penyebab kutil itu tidak menular dengan cara yang mudah. Tetapi walau demikian, selalu ada risiko penularan yang dapat terjadi apabila seseorang yang sehat bersentuhan langsung dengan kulit si penderita kutil.Apalagi jika kondisi kulitnya sedang basah atau juga memiliki luka terbuka. Kemudian selain itu risiko penularan kutil ini akan meningkat jika sistem kekebalan tubuh seseorang sedang lemah. Yang biasanya terkena kutil adalah anak-anak dan juga remaja.

Kutil ini disebabkan oleh virus HPV dan akan muncul beberapa minggu atau beberapa bulan setelah kulitnya terinfeksi oleh virus HPV dari penderita kutil lain. Selain paparan secara langsung, kutil juga bisa ditularkan dari media dengan kontaminasi virus, apalagi jika suhunya lembap dan hangat misalnya kaus kaki, sepatu, lantai yang hangat dan lembab, serta lain sebagainya.

Begini Cara Menghilangkan Kutil di Kelopak Mata

Lantas bagaimana cara menghilangkan kutil di kelopak mata? Memang sebagian besar kutil itu dapat hilang dengan sendirinya bahkan tanpa perlu diobati, hanya saja harus menunggu sampai beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan untuk sembuh. Hal itu bergantung pada kekebalan tubuh si penderita itu sendiri.

Nah, untuk menghilangkan kutil yang ada di kelopak mata, maka jenis pengobatan yang harus dilakukan tak lain adalah dengan menggunakan salep atau gunakan plester yang mengandung asam salisilat. Jadi zat kimia ini mampu membakar lapisan paling atas kulit yang ada kutilnya. Kemudian, selain asam salisilat, kita juga boleh mencoba obat yang berbentuk spray dan  mengandung dimethyl ether propane. Hanya saja walau begitu, nyatanya kedua zat ini tidak seefektif asam salisilat. Sebab dimethylether propane ini bekerja dengan cara membekukan kutil saja.

Bahkan ada penderita dapat menghilangkan kutil menggunakan plester (lakban) yang digunting kecil lalu ditempet di atas kutil selama seminggu. Setelah itu bukalah plester, lantas rendam kutil di air dan gosok lembut denga kain kasar. Hanya saja cara menghilangkan kutil di kelopak mata yang satu ini belum teruji klinis.

Cara Menghilangkan Kutil di Kelopak Mata | RGJ Corp |

Leave a Reply