Cara Menghilangkan Bengkak di Mata

Bengkak pada mata tentunya bisa sangat mengganggu akivitas. Selain ketidaknyamanan, bengkaknya mata atau kelopak mata dapat menyebabkan rasa malu, nyeri, gangguan penglihatan, hingga sulitnya menerapkan make-up. Selain itu, bengkak pada mata juga bisa menyebabkan keadaan yang serius bila tidak ditangani dengan cepat. Untuk itu, Anda haruslah mengetahui cara menghilangkan bengkak di mata yang baik dan benar.

Cara menghilangkan bengkak di mata

Cara menghilangkan bengkak di mata

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa mata yang bengkak bisa disebabkan oleh banyak faktor dan setiap faktornya disebabkan oleh banyak faktor pula. Di antara faktor-fakor tersebut adalah infeksi, konjungtivitis, orbital selulis, blepharitis, styes, dermatitis pada kelopak mata, blepharochalasis, herpes zoster, alergi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Penyebab Mata Bisa Bintitan

Penyakit-penyakit tersebut seperti disebutkan sebelumnya juga disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari penggunaan kaca mata atau lensa kontak yang kotor, polusi, bakteri, virus, kurang tidur, genetika, reaksi obat-obatan, ketidakseimbangan hormon, dan penyakit yang lebih besar, semisal tekanan darah tinggi.

Rekomendasi untuk anda: Cara Tradisional Mengobati Infeksi Mata

Melihat banyaknya faktor yang mempengaruhi munculnya bengkak pada mata, maka cara menghilangkan bengkak di mata pun beragam. Cara terbaiknya dan yang utama adalah Anda harus mengetahui dahulu apa yang menyebabkan mata Anda bengkak. Di antaranya adalah mengetahui gejala-gejala yang menyertainya, setelah itu cocokan dengan penyakit-penyakit yang disebutkan di atas.

Baca Artikel lainnya : Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Bila Anda merasa bingung, maka berkonsultasi pada dokter adalah cara paling tepat. Selain itu, pada pertolongan pertama, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Di antaranya adalah menjaga bengkak tidak semakin parah. Misalnya saja dengan menghindari mata tersentuh apalagi tergosok. Menggosok dan menyentuh memang merupakan keadaan alami, karena bengkak biasanya menyebabkan rasa gatal. Namun, bila dilakukan bisa menyebabkan bengkak semakin parah.

Buat anda yang mengalami mata bintitan : Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

Sebagai tindakan preventif, Anda juga harus mencoba menghindari penggunaan tata rias atau make-up, terlebih yang berbasis bubuk. Mengapa? Karena partikel bubuk bisa mengiritasi mata. Anda juga bisa meletakkan kain basah dingin sebanyak 2 kali dalam sehari. Bisa pula memercikan air dingin ke wajah. Fungsinya untuk mengurangi volume pembengkakan.

 

Untuk masalah obat-obatan, menurut ahli, obat tetes mata dan penghilang rasa sakit semacam anti-histamin bisa digunakan. Namun sebaiknya atas izin dokter, karena bisa jadi mata Anda tidak menyetujui obat tersebut, sehingga menimbulkan keadaan yang lebih parah.

 

Cara menghilangkan bengkak di mata selanjutnya bisa dengan beberapa solusi rumahan. Ini cocok bila Anda benar-benar yakin tidak perlunya pergi ke dokter. Misalnya saja Anda bisa menggunakan krim anti-inflamasi. Fungsinya untuk mengurangi pembengkakan.

 

Anda juga bisa menggunakan air dingin, dikarenakan sifatnya yang dapat mengerutkan pembuluh darah, sehingga panas berkurang yang menyebabkan mengecilnya bengkak. Air dingin bisa diterapkan secara langsung ataupun menggunakan media kantong plastik dan kompres kain. Selain itu, perlu diketahui bahwa pengobatan bengkak pada mata anak-anak bisa berbeda dengan orang dewasa. Namun pada dasarnya berkutat pada penggunaan antibiotik, anti-histamin, obat tetes mata, dan salep.

Cara Menghilangkan Bengkak di Mata | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply