Cara Mengeluarkan Dahak pada Anak

Dahak yang berlebihan pada tenggorokan merupakan gejala umum yang bnyak dialami oleh anak-anak. Penyebabnya sendiri cukup beragam, mulai dari infeksi, pilek, influenza, hingga alergi. Dari segi pengobatan sendiri, hendaknya anak-anak tidak menggunakan obat-obatan kimia. Bahkan, Food and Drug Administration memperingatkan bahwa anak-anak di bawah usia 2 tahun hendaknya tidak menggunakan obat semacam dekongestan.

cara mengeluarkan dahak pada anak

cara mengeluarkan dahak pada anak

Anak yang lebih dari 2 tahun pun sebaiknya dihindari penggunaan obat, karena bukan tidak mungkin terkena efek samping. Lalu, bagaimana cara mengeluarkan dahak pada anak yang baik dan benar? Jalan keluarnya Anda sebagai orang tua bisa menggunakan cara-cara rumahan yang sederhana. Misalnya saja yang ada pada daftar berikut ini.

 

  1. Madu

William Sears, seorang dokter anak sekaligus penulis mengatakan bahwa madu bisa saja lebih efektif mengatasi dahak daripada obat semacam dekongestan. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan antioksidan di dalam madu yang ampuh dalam mengatasi banyak jenis penyakit, termasuk batuk dan pilek. Meskipun begitu, madu hanya boleh diberikan pada anak-anak di atas usia 2 tahun. Kandungan mikroorganisme di dalam madu bisa menyebabkan masalah pada bayi. Anda juga sebaiknya yakin bahwa anak tidak menderita alergi madu. Baca juga Manfaat Madu

 

  1. Air putih

Air bisa menjadi dikongestan alami yang sangat efektif sebagai cara mengeluarkan dahak pada anak. Bahkan, air juga dapat membantu proses penyembuhan infeksi. Seperti yang kita tahu, infeksi tenggorokan membuat keadaan anak sangat tidak nyaman. Selain itu, air putih juga dapat membantu mengatasi perasaan dingin pada anak karena pengeringan jaringan sinus yang sensitif. Meskipun begitu, Anda harus selektif dalam memilih cairan. Air putih adalah yang paling netral. Sedangkan jus bergula dan soda hendaknya dihindari. Air putih bisa diberikan sebanyak 6-8 gelas setiap hari.

 

  1. Cabe rawit

Cabe rawit dipercaya dari generasi ke generasi sebagai obat alami dahak pada tenggorokan atau batuk berlendir. Meski begitu, rasa pedas dari cabe rawit terkadang tidak disukai oleh anak-anak. Untuk mengakalinya, Anda bisa mencampurkan bubuk cabe rawit dengan madu. Anda juga sebaiknya mengukur terlebih dahulu, apakah makan-makanan pedas disukai oleh anak Anda atau tidak.

 

  1. Jus lemon

Jus lemon sama dengan cabe rawit, merupakan bahan makanan alami yang dipercaya turun-temurun dapat mengatasi dahak. Jus lemon dapat mengatasi dahak akibat flu, pilek, hingga laringitis. Anda bisa memberikan jus lemon kepada anak-anak sebanyak 1 sdt setiap tiga jam. Namun ingat, setelah mengonsumsi jus lemon, hendaknya anak Anda mengonsumsi segelas air puti. Ini bertujuan untuk memberi cairan akibat keringnya saluran pencernaan saat mengonsumsi lemon.

 

Kesimpulan

 

Beberapa cara mengeluarkan dahak pada anak di atas semoga bisa menjadi jalan keluar bagi Anda para orang tua yang kebingungan mengatasi dahak yang diderita oleh anak. Namun begitu, cara-cara di atas bukanlah metode untuk jangka panjang. Bila dahak tak kunjung mereda, hendaknya melakukan konsultasi dengan dokter.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Anak | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply