Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakah masalah kesehatan kulit yang banyak terjadi pada sebagian besar manusia di muka bumi ini. Ada banyak penyebab mengapa jerawat timbul pada wajah Anda. Diantara yang paling umum adalah karena sekresi sebum berlebihan, akumulasi sel kulit mati dan kotoran, polusi, debu, tersumbatnya pori-pori oleh minyak, infeksi bakteri, gaya hidup yang kurang sehat, konsumsi makanan sampah, kekurangan air dan faktor gen atau keturunan. Biasanya jerawat banyak terjadi pada orang-orang yang menjejaki usia remaja. Untuk menanggulangi masalah kulit ini, Anda dapat melakukan berbagai cara mencegah timbulnya jerawat yang sudah dirangkum pada pembahasan di bawah ini.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

  1. Gaya hidup yang baik

Salah satu bentuk dari gaya hidup yang baik adalah rajin membersihkan wajah dari makeup, debu dan kotoran dengan cara dicuci. Membersihkan kulit secara rutin diteliti dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, sekaligus membebaskan kulit dari kontaminan yang dapat memperburuk keadaan jerawat.

Selain itu, Anda juga jangan lupa untuk menggunakan toner setelah membersihkan kulit menggunakan pencuci wajah. Toner disini berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jerawat, sekaligus menghindari pembersihan yang dapat merusak kulit.

 

  1. Mencuci bantal dan handuk

Bantal, selimut, topi dan handuk yang kotor adalah alat yang dapat membantu bakteri untuk tubuh dan terperangkap di wajah Anda. Dengan rajin mencuci semua perlengkapan Anda tersebut secara berkala, Anda sudah dapat mencegah timbulnya jerawat dari yang paling dasar atau dari sumbernya langsung. Selain itu, dengan cara tersebut juga, Anda sudah meminimalisir penyebaran bakteri yang bukan hanya menimbulkan jerawat, namun juga menimbulkan penyakit kulit lainnya.

 

  1. Gunakan produk non-comedogenic

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih dan kotoran. Oleh sebab itu, cara mencegah timbulnya jerawat yang sangat efektif adalah dengan memilah produk kecantikan yang benar-benar cocok dengan keadaan kulit wajah Anda. Usahakan untuk memilih produk berjenis non-comedogenic. Maksudnya adalah produk-produk yang tidak akan memblokir pori-pori kulit wajah Anda. Dengan menggunakan produk tersebut kulit Anda akan diberikan ruang untuk bernafas, sehingga infeksi, iritasi dan peradangan serta jerawat dapat dicegah.

 

  1. Pandai memilih pelembab

Cara mencegah timbulnya jerawat selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah dengan pandai-pandai memilih produk pelembab. Perlu Kita tahu bahwa kulit yang tidak diberi pelembab akan membuat kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Walhasil nantinya pori-pori akan lebih besar risikonya untuk tersumbat. Oleh sebab itu, usahakanlah mencari produk pelembab yang bebas minyak, berbasis air ataupun gel serta bersifat non-comedogenic.

 

Kesimpulan

Empat macam cara mencegah timbulnya jerawat di atas semoga dapat membuka kedua mata Kita bahwa timbulnya jerawat adalah karena kesalahan Kita sendiri. Kita yang malas untuk merawat wajah maupun anggota badan lainnya harus rela menuai dampak yang buruk.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply