Cara Mencegah Sakit Punggung

Cara Mencegah Sakit Punggung. Sakit punggung adalah rasa nyeri pada titik tertentu yang ada di area punggung. Biasanya hal tersebut menyebabkan rasa nyeri dan linu dengan jangka waktu yang tidak tentu. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja, terlebih oleh orang-orang yang memiliki pola hidup tidak sehat. Oleh sebab itu, agar Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit ini, beberapa cara mencegah sakit punggung di bawah akan sangat membantu.

Punggung wongsehat.com

Cara Mencegah Sakit Punggung

 

  1. Perhatikan tidur malam

Posisi dan waktu tidur yang benar dapat memperbaiki otot-otot yang tegang serta menenangkan keadaan sendi yang meradang. Selain itu, tidur malam yang baik juga dapat secara berangsur-angsur meluruskan tulang punggung yang bengkok. Bahkan ada dampak-dampak positif lainnya yang dapat Anda rasakan, seperti terhindar dari stres, minyak berlebih pada wajah, jerawat, pegal linu dan lain sebagainya.

 

Ada banyak cara yang direkomendasikan untuk bisa mendapatkan posisi tidur yang baik dan benar. Namun yang paling populer adalah tidur dengan menghadap ke arah kanan dan bukan telungkup. Dengan tidur ke arah kanan, Anda juga bisa mengistirahatkan otak bagian kiri yang lebih banyak bekerja. Selain itu, Anda juga bisa mencoba tidur tanpa bantal yang dapat membuat tulang punggung dan leher lebih simetris.

 

  1. Olahraga ringan

Cara mencegah sakit punggung selanjutnya adalah dengan mencoba berolahraga ringan. Mengapa? Karena kebanyakan dari Kita lebih suka beristirahat ketika sakit punggung. Mereka tidak tahu bahwa membaringkan badan dan gaya-gaya istirahat lainnya bisa membuat sakit pada punggung bertambah parah. Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai menggerakan badan Anda dengan gerakan yang sederhana. Seperti jalan-jalan dan senam. Dengan cara ini, otot-otot Anda akan lebih lentur serta sakit punggung akan segera hilang.

 

  1. Turunkan berat badan

Salah satu penyebab sakit punggung adalah karena kelebihan berat badan. Selain itu, berat badan juga mempengaruhi gerakan tubuh setiap hari, sehingga sangat mungkin orang-orang yang mencederita obesitas lebih rentan terkena sakit punggung, pinggang ataupun area otot-otot lainnya.

Cara mencegah sakit punggung dengan diet bisa Anda lakukan setahap demi setahap. Anda bisa memulainya dengan menghindari makanan berlemak dan mulai mengkonsumsi makanan sehat. Selanjutnya Anda bisa melakukan cara ke-2 sembari mempelajari cara-cara memperbesar otot. Namun tetap jaga agar jangan terlalu berlebihan.

  1. Yoga

Yoga berbeda dengan olahraga lainnya, karena teknik-teknik yang digunakan tidak memperlihatkan kekuatan saja, namun juga aspek-aspek lainnya, termasuk kelenturan, keseimbangan dan pikiran. Memeragakan yoga-yoga sederhana dapat dijadikan cara mencegah sakit punggung yang efektif. Bahkan, tubuh bagian lainnya pun akan lebih sehat serta jauh dari nyeri dan linu.

 

  1. Obat herbal

Cara mencegah sakit punggung yang terakhir adalah dengan menggunakan obat-obatan dari olahan herbal. Banyak sekali obat yang dibuat dengan bentuk jamu sebagai penyembuh sakit pinggang, sakit punggung, linu, keram dan lain sebagainya. Selain itu, obat herbal atau suplemen juga bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur mayur.

Cara Mencegah Sakit Punggung | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply