Cara Mencegah Rambut Rontok

Cara Mencegah Rambut Rontok. Baik wanita maupun pria, kesehatan rambut adalah salah satu poin penting yang harus dijaga. Hal ini bukan saja berkenaan dengan kecantikan semata, namun juga faktor-faktor penyakit yang kedepannya mungkin saja bisa semakin parah dan mempengaruhi organ-organ tubuh lain. Salah satu masalah rambut yang sering terjadi di sekitar Kita adalah rambut rontok. Biasanya hal ini terjadi karena faktor kualitas rambut dan juga faktor perawatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara mencegah rambut rontok di bawah ini dengan mudah, sederhana dan tentunya cepat.

Rambut Rontok wongsehat.com

  1. Menjaga kesehatan kulit kepala

Untuk mencegah rambut rontok, Anda perlu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut karena beberapa penyakit kulit kepala, seperti kulit mati, ketombe dan minyak berlebih sangat mempengaruhi kualitas rambut. Semakin banyaknya kotoran yang ada dirambut, maka rambut akan lebih cepat kering, bercabang dan rontok.

Ada dapat menggunakan sampo dan kondisioner yang biasa dipakai. Gunakan produk-produk tersebut dengan waktu yang teratur. Namun ingat, membersihkan rambut dengan sampo secara berlebihan dapat merusak kualitas rambut. Oleh sebab itu, gunakan takaran yang sedikit, sekitar 1/4 sachet dalam waktu sekali dalam dua hari. Tapi, jika Anda merasa rambut sudah benar-benar kotor karena terkena banyak polusi dan sinar matahari atau rambut Anda panjang dan mengembang, Anda dapat menaikan porsinya.

  1. Menjauhi stres

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa stres dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok dalam bentuk alopecia areata. Bahkan, stres yang ekstrim memiliki dampak yang lebih besar.

Cara mencegah rambut rontok karena masalah ini adalah dengan menghilangkan stres tersebut. Anda harus mencari tahu apa penyebab stres, entah karena faktor ekonomi, sibuk bekerja, masalah keluarga dan lain sebagainya. Setelah menemukan akar masalahnya, Anda dapat mulai mengatasi hal tersebut dengan bertanya dan mengungkapkannya kepada kerabat atau keluarga. Selain itu, Anda juga bisa mulai mencari hiburan untuk mengistirahatkan badan dan pikiran, seperti jalan-jalan, membaca, bermain dan lain sebagainya.

  1. Olahraga

Rutin berolahraga mengambil andil dalam kesehatan rambut, termasuk sebagai cara mencegah rambut rontok dan masalah-masalah rambut lainnya. Selain itu, dengan banyaknya berkeringat saat berolahraga, Anda akan lebih punya alasan untuk rajin membersihkan rambut dengan sampo.

  1. Perhatikan diet

Perlu diketahui, diet untuk menurunkan berat badan secara massive dapat menjadi penyebab rambut menipis. Hal terseut karena kandungan nutrisi yang terdapat pada rambut Anda berkurang disebabkan pola hidup diet. Oleh karenanya, cara mencegah rambut rontok yang terbaik dalam kasus ini adalah dengan tetap menjaga pola makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

Meskipun terkadang diet benar-benar dibutuhkan, namun bukan berarti nutrisi tidak dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat mulai menyiasati hal ini dengan membeli produk-produk nutrisi khusus tubuh. Terutama yang mengandung banyak zat besi ataupun vitamin B12.

Cara Mencegah Rambut Rontok | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply