Cara Mencegah Penyakit Jantung

Sampai saat ini, penyakit jantung masih menjadi penyebab utama penyakit yang membunuh manusia, terkhusus di negara barat Amerika. Meskipun risiko terkena penyakit ini secara keseluruhan menurun dalam beberapa dekade, namun hal tersebut tidak menyurutkan dampak yang berkembang sampai saat ini. Terlebih para peneliti telah mengumumkan bahwasanya banyak sekali penyebab-penyebab penyakit jantung yang malah terjangkit di banyak lapisan masyarakat, seperti diabetes dan obesitas. Oleh karena itu, untuk menanggulanginya, Anda perlu beberapa cara mencegah penyakit jantung yang sederhana dan mudah diterapkan, seperti beberapa poin di bawah ini.

  1. Jangan merokok aktif maupun pasif

Banyak sekali penyakit yang dapat terkena pada seorang perokok maupun perokok pasif yang menghirup asap rokok dari perokok aktif. Bayangkan saja, produsen rokok sendiri telah memaparkan bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, gangguan kehamilan hingga stroke.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Oleh sebab itu, alangkah bijaknya bagi Kita untuk tidak masuk ke dalam jurang kebinasaan hanya karena ingin menikmati sedikit manisnya nikotin. Selain itu, menjauhi tempat-tempat perokok juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Menjaga tekanan darah tetap normal

Cara mencegah penyakit jantung selanjutnya adalah dengan rutin melakukan check up tekanan darah. Ini nantinya digunakan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Hal tersebut karena tekanan darah yang tinggi (hipertensi) saat ini menjadi salah satu penyebab besar terjadinya penyakit jantung. Selain itu, risiko dari tekanan darah terhadap jantung tersebut akan lebih besar lagi seiring bertambahnya usia dan faktor keturunan.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, Anda dapat memulainya dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan menjauhi makanan sampah. Jangan terlalu tergesa-gesa, perlahan namun konsisten.

  1. Diet sehat

Seperti dijelaskan sebelumnya, obesitas menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa orang-orang yang mengidap obesitas memiliki risiko yang sama dengan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Obesitas sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya kalori berlebih dalam tubuh yang tidak sebanding dengan proses pembakarannya. Selain itu, ada yang biasa dinamakan obesitas perut atau lemak berlebih di dalam perut. Obesitas jenis ini yang paling utama menyebabkan penyakit jantung.

Sebagai cara mencegah penyakit jantung akibat obesitas, tentunya tidak lain tidak bukan, Anda harus berusaha untuk menurunkan berat badan. Penurunan yang terbaik adalah dengan membakar lemak dan menggantinya menjadi otot, yaitu dengan berolahraga fitness dan sejenisnya.

  1. Berhati-hati terhadap stres

Setiap orang bisa saja setiap harinya mengalami stres, namun seorang yang baik adalah yang bisa menyikapi stres tersebut dan merubahnya menjadi sesuatu yang positif. Stres sendiri tidak bisa Kita selalu nisbahkan pada kegilaan dan sejenisnya, namun bisa saja seorang pekerja kantoran mengalami stres setiap hari karena banyaknya pekerjaan.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini, diantaranya adalah selalu teratur dalam tidur, mencegah terjadinya konflik-konflik pikiran, berserah diri kepada sang pecipta dan olahraga. Selain itu, Anda juga harus menghindari berbagai hal-hal yang dapat menimbulkan dampak negatif, seperti menonton TV berlebih dan bekerja tanpa istirahat. Semua itu jika dilakukan secara benar dan konsisten, maka dapat dijadikan sebagai cara mencegah penyakit jantung yang sangat-sangat ampuh.

Cara Mencegah Penyakit Jantung | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply