Cara Mencegah Penyakit Flu dan Batuk

Cara Mencegah Penyakit Flu dan Batuk. Flu dan batuk adalah salah satu penyakit yang sangat sering menyerang. Biasanya masalah kesehatan ini terjadi pada musim hujan atau dingin dan ketika bakteri dan virus banyak tersebar di udara. Untuk menangani masalah ini, ada banyak obat yang bisa dipakai. Namun begitu, obat yang terbaik adalah mencegah penyakit tersebut datang. Oleh sebabnya, dalam artikel kali ini, Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit flu dan batuk secara alami dan efisien.

flu dan batuk www.wongsehat.com

  1. Cuci tangan

Perlu diketahui bersama, setidaknya flu dan batuk terjadi hampir 80 persen disebabkan oleh infeksi yang ditularkan melalui permukaan sesuatu yang telah terkena bersin, termasuk telapak tangan. Oleh sebab itu, mencuci tangan hingga benar-benar bersih dapat mencegah terjadinya kontak antara virus dengan saluran pernafasan. Selain itu, menjaga lingkungan, seperti meja, sofa, komputer, telepon dan gagang kulkas dari debu dan kotoran lainnya juga dapat dijadikan cara mencegah penyakit flu dan batuk.

  1. Tidur teratur

Dengan tidur secara teratur, sekitar 7 hingga 9 jam, maka Anda telah mempersilahkan tubuh secara otomatis menumpas segala macam infeksi penyebab flu dan batuk. Selain itu, tubuh Anda juga akan bekerja secara baik dalam memperbaiki sel-sel serta luka yang terdapat pada bagian luar dan dalam. Bahkan dalam beberapa penelitian, pola hidup sangat berhubungan dengan gen yang mampu membantu melawan virus dan bakteri.

  1. Olahraga

Cara mencegah penyakit flu dan batuk selanjutnya adalah dengan menyisihkan waktu sejenak setiap harinya untuk membiarkan tubuh bergerak. Anda bisa berlari-lari kecil di kantor, naik turun tangga ataupun lari di tempat. Dengan cara ini, nantinya aktivitas sel darah putih Anda akan lebih aktif untuk melawan bakteri, termasuk bakteri penyebab flu dan batuk.

  1. Zinc

Zinc atau seng adalah salah satu jenis senyawa yang terdapat pada banyak makanan, terkhusus sayuran, susu, gandum, tiram dan buah-buahan. Senyawa ini diteliti berkaitan dengan sel-sel kita dan berperan sebagai penggangu virus jahat yang ada pada tubuh. Selain itu, zinc juga dipercaya mampu menghalangi terjadinya aktivitas metabolik tertentu.

  1. Bawang putih

Anda dapat membuat bumbu dapur ini sebagai salah satu cara mencegah penyakit flu dan batuk. Dengan kandungan anti-mikroba yang terdapat pada bawang putih, nantinya senyawa tersebut akan membantu tubuh dalam melawan munculnya virus dan bakteri penyebab batuk dan flu. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa yang sangat terkenal, yaitu allicin yang mampu menghalau terjadinya infeksi.

  1. Air putih

Seberapa pun Anda menyiapkan obat-obat herbal, air putih tidak bisa Anda lepaskan. Mengapa? Karena tubuh Kita pada hakekatnya selalu membutuhkan air. Oleh sebab itu, dengan rajin secara teratur mengkonsumsi air putih, maka Anda akan membuat tubuh dapat tetap bertahan dari serangan berbagai penyakit, termasuk flu dan batuk.

Selain sebagai cara mencegah penyakit flu dan batuk, air putih juga ternyata mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Anda bisa mengkonsumsi air putih tanpa campuran apapun sebanyak 8 hingga 12 cangkir setiap hari.

Cara Mencegah Penyakit Flu dan Batuk | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply