Cara Mencegah Penyakit Eksim

Eksim adalah sebuah penyakit yang biasa juga dikenal dengan nama dermatitis. Penyakit ini membuat kulit orang yang mengidapnya menjadi sangat kering. Selain itu, kondisi setiap pasien akan berbeda-beda tergantung besar dan luasnya eksim itu sendiri. Penyakit ini tidak menular, namun keadaannya cukup membuat orang lain tidak berani untuk menyentuhnya. Keadaan lainnya yang biasa datang pada eksim selain kulit yang mengering adalah munculnya warna kemerahan, besisik dan rasa gatal yang sangat. Untuk menghindari penyakit kulit ini, ada beberapa cara mencegah penyakit eksim yang dapat Anda lakukan.

Penyakit Eksim

Penyakit Eksim

  1. Gunakan pakaian non iritasi

Cobalah untuk mengenakan pakaian yang tidak ketat, sehingga dapat menghindari tubuh mengalami garal-gatal yang biasanya lebih diakibatkan oleh bahan dari pakaian tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kain dengan tekstur yang lebih lembut, seperti kain katun dan sutra. Anda juga harus memperhatikan deterjen yang dipakai untuk mencuci pakaian-pakaian tersebut. Membilas pakaian yang tidak sempurna dapat meninggalkan residu yang ternyata berkontribusi besar terhadap munculnya eksim.

  1. Hindari sabun yang dapat mengiritasi

Ada banyak sabun yang mungkin bisa menjadi penyebab timbulnya eksim, misalnya saja deterjen pencuci baju, pencuci piring, sampo, desinfektan dan parfum. Untuk menghindari semua itu, cobalah mencari produk pencuci atau sabun yang tidak memiliki komposisi bahan kimia yang berbahaya pada kulit. Usahakan untuk menggunakan sabun berbasis bahan nabati yang alami. Jangan lupa juga menghindari produk yang mengandung sodium sulfat dan parabel.

  1. Menjaga kebersihkan rumah

Salah satu penyebab dari eksim adalah alergi yang dibawa oleh debu, bulu-bulu hewan peliharaan, serbuk sari dari tanaman maupun kotoran dan ketombe yang melayang. Oleh sebab itu, cara mencegah penyakit eksim yang terbaik adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun luar rumah. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan area-area yang suit untuk dibersihkan oleh sapu. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian-bagian rumah lainnya yang mungkin menjadi sarang bakteri, jamur dan virus, seperti lemari, kaca dan tempat tidur.

  1. Minimalkan stres

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa eksim dan penyakit kulit lainnya sangat berhubungan erat dengan keadaan psikologis Anda. Oleh sebab itu, mengurangi risiko stres mampu mencegah eksim itu sendiri. Anda dapat meminimalkan stres dengan cara melakukan beberapa teknik latihan, seperti yoga, meditasi ataupun melukis pemandangan.

  1. Konsumsi makanan sehat

Cara mencegah penyakit eksim yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat. Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan manfaat berupa nutrisi yang dapat menjaga kelembapan serta kekuatan jaringan kulit. Dengan cara ini, bakteri, jamur dan virus akan sulit untuk menginfeksi kulit Anda. Selain itu, usahakan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memicu kerusakan kulit, terlebih jika membuat kulit lebih banyak mengeluarkan minyak.

Cara Mencegah Penyakit Eksim | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply