Cara Cepat Mengobati Biang Keringat

Biang keringat atau ruam panas hadir dikarenakan keringat yang terperangkap pada lapisan bawah kulit. Biasanya penyakit ini terjadi pada musim kemarau dan hadir pada bayi dan balita. Penyakit biang keringat ini juga akan semakin menjadi-jadi pada bagian tubuh yang tertutup pakaian. Itu mengapa para ahli menyarankan untuk menggunakan pakaian longgar, sehingga biang keringat dapat dicegah. Namun jika semua itu sudah terjadi, Anda bisa mencoba cara cepat mengobati biang keringat pada pembahasan berikut ini.

biangk keringat

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah obat herbal yang baik untuk biang keringat. Hal tersebut karena ekstrak dari gel lidah buaya mampu secara cepat menyembuhkan biang keringat. Selain itu, gel-gel yang ada pada tanaman ini juga dapat meredakan gatal-gatal dan rasa sakit yang disebabkan oleh ruam.

  1. Es batu

Anda bisa memasukkan es batu ke dalam kantong kain, setelah itu menerapkannya langsung ke area kulit yang terkena biang keringat. Dengan menerapkan cara ini selama beberapa menit, biang keringat akan lebih mudah sembuh. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan secara langsung es batu ke area ruam dengan cara digosokkan secara perlahan.

  1. Soda kue

Soda kue atau baking soda merupakan salah satu obat rumahan yang harus ada jika Anda ingin menyembuhkan biang keringat. Anda bisa menggunakan soda kue untuk keperluan mandi, sehingga biang keringat dapat dikurangi dengan cepat. Komposisinya sekitar satu atau dua sendok teh baking soda dilarutkan ke dalam air mandi. Selain dapat mengurangi ruam, baking soda juga dapat mengurangi gatal-gatal, sehingga nantinya bayi tidak akan terus menangis karena rasa panas yang timbul.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu cara cepat mengobati biang keringat yang sangat efektif. Anda bisa mencampurkan oatmeal sama seperti mencampurkan baking soda pada air untuk mandi.

  1. Goosberry

Cara lainnya yang tidak kalah cepat untuk menyembuhkan biang keringat pada anak ataupun orang dewasa adalah dengan menggunakan gooseberry. Pengolahannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu memasukkan tanah liat dan air ke dalam wadah, setelah itu campurkan dengan potongan-potongan goosberry untuk menutupi tanah liat tersebut. Tinggalkan semalaman, lalu pada hari berikutnya lakukan mash up dan saring airnya. Selanjutnya tambahkan gula dan madu, lalu minum secara teratur. Secara berangsur-angsur goosberry ini akan menghilangkan biang keringat, sekaligus menghapus panas dan masalah pencernaan yang timbul.

  1. Kulit pohon beringin

Cara cepat mengobati biang keringat yang terakhir adalah dengan menggunakan olahan kulit pohon beringin. Anda bisa menyiapkan kulit pohon beringin kering, lalu giling hingga halus. Gunaan serbuk kulit pohon beringin tersebut untuk diaplikasikan pada area biang keringat mirip seperti menggunakan bedak pada anak. Cara ini dapat menjadi bantuan cepat untuk menghilangkan ruam, panas dan gatal-gatal.

Cara Cepat Mengobati Biang Keringat | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply