Cara Alami Turunkan Kolesterol

Kolesterol jahat yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, ketika kadar kolesterol meninggi, biasanya orang-orang akan mengonsumsi obat khusus. Namun begitu, tahukah Anda bahwa ada berbagai cara alami turunkan kolesterol yang bisa diterapkan. Beberapa di antaranya ada pada daftar berikut ini.

Cara Alami Turunkan Kolesterol

               Cara Alami Turunkan Kolesterol

  1. Kurangi makanan berlemak jenuh, lemak trans, dan makanan berkolesterol

Di antara makanan lemak jenuh yang umum kita konsumsi adalah mentega, daging merah, susu, dan minyak sawit. Sedangkan untuk melawannya, Anda bisa melakukan diet sehat dengan mengonsumsi kuning telur, kerang, ataupun makanan kaya akan asam lemak omega-3, seperti sarden, salmon, dan mackerel.

 

  1. Konsumsi makanan berserat

Makanan alami yang kaya serat sudah terbukti dapat membantu dengan baik dalam proses penurunan kolesterol. Anda sendiri bisa mendapatkan serat dari berbagai jenis makanan, seperti gandum, kacang polong, kentang, ubi, barley, kacang hitam, wortel, terong, kubis, pir, aprikot, jeruk, apel, dan markisa.

 

  1. Konsumsi makanan nabati kaya protein

Makanan kaya protein, seperti kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), kadar insulin, dan gula darah, bahkan juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. Oleh sebab itu, perbanyaklah mengonsumsi berbagai makanan dari keluarga kacang, seperti kacang merah, putih, kedelai, polong, dan pinto.

 

  1. Menurunkan berat badan

Cara alami turunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan berolahraga dan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Dengan cara ini, kolesterol akan lebih mudah turun dan terjaga kenormalannya. Selain itu, cara ini juga baik untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe-2, stroke, asam urat, serangan jantung, dan berbagai jenis kanker.

Anda sendiri bisa berolahraga secara rutin dengan jenis olahraga yang beragam, terutama olahraga kardio untuk penurunan berat badan. Anda juga harus semangat dalam membatasi asupan lemak. Bahkan jika bisa, ganti lemak jahat, dengan lemak baik, seperti minyak zaitun.

 

  1. Tidur cukup

Kurang tidur oleh para peneliti dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, sekaligus pemicu berbagai penyakit berbahaya, termasuk tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya cukupkan diri dengan tidur setidaknya 8-10 jam saat malam hari.

 

  1. Tingkatkan asupan vitamin D

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Mengapa? Karena para peneliti menyebutkan bahwa kekurangan vitamin D terkait dengan kolesterol tinggi. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat berdampak pada penurunan kemampuan tubuh dalam melakukan sintesis vitamin D dari matahari.

 

  1. Konsumsi alpukat

Kabar gembira untuk Anda penggemar alpukat, karena buah lezat nan lembut ini kabarnya bisa Anda jadikan salah satu cara alami turunkan kolesterol. Menurut Mexico’s Instituto Mexicano del Seguro Social, disebutkan bahwa wanita dan pria yang mengonsumsi 1 buah alpukat per hari selama seminggu mengalami penurunnan total kolesterol hingga 17 persen. Bahkan alpukat juga dipercaya dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).


Cara Alami Turunkan Kolesterol | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply