Cara Alami Mengobati Vaginitis

Vaginitis merupakan istilah umum dari penyakit peradangan pada vulva dan organ intim wanita. Ada beberapa jenis umum dari vaginitis, diantaranya adalah vaginosis bakteri, infeksi jamur, trikomoniasis dan vaginitis atrofi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah kesehatan wanita ini, diantaranya adalah karena perubahan hormon, efek samping obat, kebersihan buruk, menggunakan pakaian yang lembab dan ketat serta lain sebagainya. Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba satu atau lebih cara alami mengobati vaginitis pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Vaginitis

Cara Alami Mengobati Vaginitis

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak esensial ini dapat membantu meringankan gejala vaginitis. Kandungan pada minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri alami, sekaligus sebagai antijamur yang mampu secara efektif mengobati infeksi pada area kewanitaan. Selain itu, minyak ini juga dapat menghilangkan bau tidak sedap.

 

Anda bisa mencampurkan 4 hingga 5 tetes minyak pohon teh ke dalam semangkuk kcil air hangat. Selanjutnya gunakan ramuan tersebut untuk mencuci organ intim. Lakukan cara ini sebanyak sekali dalam sehari selama beberapa hari. Khusus untuk wanita hamil sebaiknya menghindari metode ini.

 

  1. Bawang putih

Sudah sejak lama bawang putih dipercaya dapat mengobati vaginitis. Sifatnya sebagai antibakteri dan antiseptik yang kuat membuat bawang putih sangat cocok untuk melawan infeksi bakteri dan ragi yang menjadi penyebab utama vaginitis. Selain itu juga, bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh melawan infeksi.

 

Untuk cara penggunaannya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu mencampurkan 4 hingga 5 tetes minyak bawang putih dengan 1/2 sdt minyak vitamin E dan 1/2 sdt minyak kelapa. Terapkan ramuan tersebut ke seluruh area organ intim sebanyak dua kali dalam sehari selama beberapa hari.

 

  1. Kompres dingin

Cara alami mengobati vaginitis lainnya yang tidak kalah efektif dan membantu adalah dengan menggunakan kompres dingin. Nantinya kompres akan membantu mengontrol peradangan yang menjadi salah satu gejala vaginitis. Suhu dingin pada kompres akan membuat area organ intim menjadi mati rasa, sehingga dapat membantu menghilangkan gatal, nyeri serta ketidaknyamanan.

 

Untuk cara penggunaannya bisa menggunakan es batu yang diletakkan pada kain bersih. Setelah diikat, letakkan kompres tersebut ke organ intim selama 1 menit. Istirahatkan sejenak, lalu ganti dengan es dengan yang baru dan lakukan secara berulang dengan selang waktu beberapa menit.

 

  1. Yogurt

Cara terakhir untuk mengobati vaginitis pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan yogurt. Di sini kandungan probiotik pada yogurt dapat menjadi kultur aktif yang dapat mengobati masalah kewanitaan. Anda bisa mencelupkan tampon pada yogurt, lalu menerapkannya pada organ intim selama beberapa jam. Ulangi sebanyak dua kali dalam sehari hingga gejala menghilang.

 

Kesimpulan

Sebenarnya selain beberapa cara alami mengobati vaginitis di atas, masih ada metode-metode rumahan lainnya yang dapat Anda terapkan. Misalnya saja menggunakan cuka sari apel yang berguna untuk mengatur tingkat keasaman pada organ intim. Selain itu ada pula hidrogen peroksida yang dapat menjadi desinfektan alami untuk mengontrol bakteri jahat pada daerah kewanitaan.

Cara Alami Mengobati Vaginitis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply