Cara Alami Mengobati Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia merupakan gangguan neuropatik atau gangguan pada bagian wajah tertentu di tingkat saraf. Orang yang mengalami penyakit ini akan merasakan sensasi sakit yang sangat pada bagian kiri atau kanan wajah. Meski sakitnya hanya beberapa menit saja, namun setiap harinya dapat berulang lagi dan lagi. Hal ini disebabkan karena terjadinya gesekan antara pembuluh darah dengan akar saraf trigeminal. Rasa sakit yang ditimbulkan sendiri bisa cukup parah dan bisa menyebabkan tekanan serta depresi pada pasien. Oleh sebab itu, pengobatan oleh dokter sebaiknya dilakukan dan beberapa cara alami mengobati trigeminal neuralgia berikut ini juga akan sangat membantu.

Cara Alami Mengobati Trigeminal Neuralgia

Cara Alami Mengobati Trigeminal Neuralgia

  1. Asam lemak tak jenuh

Asam lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi peradangan dan berpengaruh banyak pada efisiensi metabolisme. Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan asupan asam lemak tak jenuh yang cukup diantaranya ada dari keluarga kacang-kacangan, minyak biji anggur, minyak canola, almond, alpukat, kacang mete, kacang tanah, hazelnut dan minyak jagung.

  1. Omega-3 asam lemak dan vitamin B

Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi beragam makanan yang kaya akan omega-3 asam lemak serta vitamin B, semisal kale, kenari, gandum, yogurt, susu kedelai, susu, telur, biji rami, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan telur.

Anda juga bisa menambah vitamin A yang sama-sama dapat membantu proses penyembuhan dari penyakit trigeminal neuralgia, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa makanan yang kaya akan vitamin A, seperti kubis, wortel, brokoli, mangga, peterseli, ubi jalar, tomat dan bayam.

  1. Rosemary

Rosemary mengandung senyawa yang bersiat analgesik, sehingga penggunaannya dapat membantu pasien mengurangi rasa nyeri. Selain itu, rosemary juga dapat menenangkan saraf carnial, yang salah satunya adalah saraf trigeminal. Rosemary juga mengandung sifat antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat. Anda bisa mengonsumsi rosemary dengan cara dijadikan teh.

  1. Teknik relaksasi

Cara alami mengobati trigeminal neuralgia selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik-teknik relaksasi. Ada banyak cara agar saraf-saraf pada wajah Anda dapat lebih tenang, khususnya dalam masalah ini adalah saraf trigeminal. Namun fokus utamanya berpusat pada ketenangan diri Anda sendiri. Oleh sebab itu, hindarilah stres atau melakukan pekerjaan yang dapat membuat Anda berpikir terlalu keras. Istirahat di tempat tidur yang nyaman, wangi-wangian yang enak dan suasana yang tenang.

  1. Kompres

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kompres, baik itu panas maupun dingin. Letakkan kompres pada bagian rahang pipi Anda. Dengan cara ini rasa nyeri yang timbul akan dapat ditahan.

  1. Menghindari makanan penyebab

Cara alami mengobati trigeminal neuralgia yang terakhir adalah dengan menghindari makanan-makanan yang dapat meningkatkan risiko rangsangan peradangan, khususnya yang terlalu tinggi lemak jenuh, seperti lemak itu sendiri, mentega, minyak kelapa dan minyak biji kapas. Selain itu hindari pula makanan yang tinggi akan kadar glikemiknya, seperti minuman ringan, kue, minuman beralkohol dan kentang.

Cara Alami Mengobati Trigeminal Neuralgia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply