Cara Alami Mengobati Tifus

Tifus atau demam tifoid adalah keadaan dimana saluran usus dan aliran darah terkena infeksi. Penyebab paling seringnya adalah karena adanya bakteri Salmonella typhi (S. Typhi). Ketika bakteri ini menyebar melalui makanan dan minuman sehingga masuk ke usus dan aliran darah, tubuh akan mengalami beberapa gejala. Sebut saja gejala yang paling umum adalah demam, lemah, sakit perut dan sakit kepala. Selain itu ada pula gejala yang lebih lagi, semisal diare berat, ruam di kulit, nafsu makan hilang, sembelit, menggigil, halusinasi dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa berkonsultasi ke dokter sembari menerapkan beberapa cara alami mengobati tifus berikut.

Cara Alami Mengobati Tifus

Cara Alami Mengobati Tifus

  1. Kompres dingin

Jika tifus menyebabkan demam tinggi, maka untuk menurunkan suhu tubuhnya dengan cepat gunakan kompres dingin. Caranya mudah saja, dimana Anda hanya perlu merendam handuk ke dalam baskom berisi air dingin. Peras kelebihan air, lalu letakkan kompres tersebut ke dahi. Lakukan cara ini hingga suhu tubuh menurun.

  1. Konsumsi air

Karena tifus menyebabkan demam tinggi dan diare, maka kemungkinan terkena dehidrasi sangat tinggi. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya diperlukan asupan cairan yang cukup. selain itu mengonsumsi air secara konsisten juga dapat mempercepat penghapusan limbah dan racun di dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sumber air lainnya, seperti teh herbal, air kelapa, jus buah segar, sup dan air gula.

  1. Oralit

Tidak jauh berbeda dengan air, oralit nantinya dapat digunakan untuk mengganti cairan atau sebagai resusitasi cairan yang hilang akibat diare. Oralit atau rehidrasi oral dapat dibuat sesuai standar organisasi kesehatan dunia (WHO). Salah satunya adalah dengan mencampurkan 1/2 sendok kecil garam dan 6 sendok kecil gula ke dalam 4 gelas air minum bersih. Konsumsi oralit buatan sendiri ini beberapa kali dalam sehari hingga benar-benar sembuh.

  1. Cuka sari apel

Cara alami mengobati tifus lainnya adalah dengan membuat ramuan cuka apel. Disini cuka apel berguna untuk mengobati demam tifoid, sekaligus meningkatkan energi bagi tubuh. Kandungan asam di dalam cuka sari apel dapat menarik panas dari kulit, sehingga mampu mengurangi suhu tinggi pada tubuh. Selain itu, mineral di dalam cuka apel juga dapat menjadi asupan cairan yang hilang akibat diare. Anda dapat mencampurkan 1/2 sdt cuka sari apel mentah dengan sedikit madu dan segelas air. Minum sebelum makan selama 5 hingga 7 hari.

  1. Bawang putih

Cara alami mengobati tifus yang terakhir adalah dengan mengonsumsi 2 siung bawang putih saat perut kosong selama beberapa minggu. Sifat anti mikroba pada bawang putih dapat membantu melawan bakteri penyebab tifus. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu mengapa sangat baik mengonsumsi bawang putih saat mengalami tifus, karena racun di dalam tubuh dapat dihilangkan dan proses pemulihan akan berlangsung lebih cepat.

Cara Alami Mengobati Tifus | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply