Cara Alami Mengobati Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang penderita mengalami perubahan bentuk menjadi melengkung ke samping selama masa pubertas. Penyebabnya sendiri masih belum diketahui secara pasti, namun dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa ada beberapa keadaan yang bertanggung jawab pada kondisi tersebut, misalnya saja distrofi otot, cerebral palsy dan lain sebagainya. Untuk skoliosis ringan pasien dapat sembuh dengan bantuan penjepit, sedangkan yang parah mungkin harus melalui operasi. Selain itu ada pula beberapa cara alami mengobati skoliosis yang dapat dilakukan di rumah. Penjelasannya dapat Anda ketahui pada poin-poin berikut.

Cara Alami Mengobati Skoliosis

Cara Alami Mengobati Skoliosis

1. Akupuntur
Dalam dunia akupuntur, nantinya seorang ahli akan melakukan metode khusus yang memungkinkan tubuh stagnan pasien mengeluarkan energi vital atau yang biasa masyarakat Cina sebut dengan nama ‘qi. Akupuntur berfungsi untuk mengerluarkan aliran bebas dari energi vital di dalam tubuh sehingga tulang-tulang menjadi rileks (santai). Dengan melakukan terapi akupuntur secara berkala, maka otot-otot akan kembali ke bentuk normal, sehingga meningkatkan proses penyembuhan skoliosis. Selain itu dalam beberapa keadaan, bisa jadi pasien ditusuk jarum dengan tambahan arus listrik.

2. Gaya hidup
Cara alami mengobati skoliosis selanjutnya adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Penderita skoliasis menurut para ahli harus berusaha untuk meningkatkan postur tubuhnya agar kondisi tulang yang melengkung dapat diatasi. Hal tersebut sebenarnya berhubungan dengan pengaruh postur tubuh butuk yang dapat meningkatkan stres biomekanik pada tulang belakang. Itu mengapa anak-anak sekolah yang membawa ransel berat dan besar cenderung memiliki risiko terkena skoliosis lebih tinggi.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk anak-anak tidak membawa buku paket lebih dari dua. Selain itu untuk mempercepat proses penyembuhan, pasien juga harus mengubah pola dan posisi tidur. Pastikan untuk tidak tidur tengkurap, karena dapat menyebabkan skoliosis bertambah parah. Pasien juga bisa melakukan peregangan secara teratur untuk menghilangkan gejala skoliosis.

3. Makanan
Suplemen gizi merupakan hal penting untuk membantu proses penyembuhan. Mineral, sepeti kalsium dan magnisium berguna untuk mengendurkan otot-otot punggung, sehingga dapat melepaskan kontraksi kronis pada otot itu sendiri. Selain itu pasien juga dapat mencoba suplemen selenium dengan dosis 200mg per hari bersamaan dengan mengonsumsi makanan berat. Selenium disini berfungsi untuk mengurangi tingkat osteopontin-sitokin yang diteliti dapat memicu skoliosis.

4. Mencegah pertumbuhan bakteri
Penelitian menyebutkan bahwa kadar osteopontin dalam tubuh dapat meningkat akibat infeksi bakteri. Untuk itu penting bagi pasien untuk menjaga lingkungan tempat tinggalnya tetap bersih dan ideal, sehingga pertumbuhan bakteri dapat dicegah. Jangan lupa unuk membersihkan bak mandi untuk menghambat mycobacterium tumbuh, yang mana diteliti merupakan penyebab infeksi bakteri kronis dan skoliosis.

5. Aromaterapi
Cara alami mengobati skoliosis yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan berbagai macam minyak aromaterapi. Cara kerjanya sederhana saja, dimana seorang ahli memijat melakukan pijatan pada area otot-otot yng tegang. Pijatan dibantu dengan berbagai jenis minyak esensial, seperti lavender, marjoram, rosemary dan sejenisnya. Fungsi dari aromaterapi ini untuk melepaskan kontraksi serta ketegangan pada otot.

Cara Alami Mengobati Skoliosis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply