Cara Alami Mengobati Penyakit Sinusitis

Pada umur tertentu, sebagian besar dari Kita pernah mengalami sakit sinus, termasuk tekanan yang ditimbulkan. Gejala dari sinusitis sendiri cukup umum dan penyebabnya bisa oleh pilek, alergi atau memang infeksi sinus (sinusitis). Ada banyak cara alami mengobati penyakit sinusitis yang dapat Anda terapkan dengan cepat, mudah dan murah. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Alami Mengobati Penyakit Sinusitis

Cara Alami Mengobati Penyakit Sinusitis

  1. Ramuan air garam

Spencer C. Payne, MD, seorang profesor Rhinology dan operasi sinus endoskopi di Universitas Virginia, Charlottesville menyebutkan bahwa ada banyak perdebatan tentang obat nyeri sinus yang bekerja dan terbukti, namun berbeda dengan semprotan garam. Nantinya air garam berfungsi untuk menyapu lendir, termasuk membersihkan hidung bagian luar. Itu mengapa air garam memiliki kemampuan efektif untuk membersihkan hidung, sekaligus menjadi pertahanan pertama dari sinusitis. Anda bisa mengolah air dan garam dalam wadah semprot kecil, setelah itu semprotkan ke seluruh area hidung. Tingkatkan cara ini ketika Anda pilek atau terkena alergi.

  1. Gunakan uap air panas

Menurut Dr. Graham, cara alami mengobati penyakit sinusitis yang efektif adalah dengan menaburkan beberapa tetes eucalyptus atau mentol di kamar mandi, lalu air kamar mandi tersebut diuapkan kepada pasien. Selain itu, menurut Sam S. Rizk, MD, seorang dokter telinga, hidung dan tenggorokan serta ahli bedah plastik wajah di New York City, air panas atau mandi uap dapat melonggarkan lendir dan puing-puing yang terjebak di dalam hidung.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting, termasuk sebagai cara yang efektif untuk membuat hidung selalu lembab. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari secara konsisten dan berkesinambungan. Jangan lupa untuk menghindari minuman berkafein dan beralkohol, kareana dua jenis minuman ini mampu menyebabkan dehidrasi. Salah satu ciri bahwa seseorang mendapatkan cukup air adalah warna urin yang jelas.

  1. Konsumsi rempah-rempah pedas

Menurut Dr. Graham, makanan pedas, seperti kari, cabai, mustard, lobak dan wasabi dapat membantu sinus. Oleh sebab itu, cobalah untuk menambahkan rempah-rempah pedas ke dalam makanan Anda seukupnya.

  1. Terapkan kompres hangat

Menurut Dr. Rizk, Anda bisa mengatasi sinusitis dengan menggunakan kompres hangat, sehingga hidung terjaga kelembapannya. Anda juga bisa mengisi mangkuk atau panci dengan air mendidih, setelah itu tempatkan wajah di atas mangkuk tersebut dan letakkan handuk di atas kepala. Nantinya uap panas akan menjaga hidung tetap lembab, sehingga sinusitis dan rasa nyeri yang timbul berangsur-angsur akan sembuh.

  1. Hindari antibiotik sebelum mencoba obat alami

Cara alami mengobati penyakit sinusitis yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan antibiotik. Hal ini untuk menjaga terjadinya resistensi antibiotik, yang mana bisa jadi tidak akan efektif untuk mengobati sebagian besar kasus sinusitis. Oleh sebab itu, cobalah untuk gunakan terlebih dahulu cara-cara alami. Terlebih menurut para ahli, kurang dari 2 persen dari infeksi sinusitis disebabkan oleh bakteri. Sedangkan kebanyakan virus dapat diatasi tanpa antibiotik.

Cara Alami Mengobati Penyakit Sinusitis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply