Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Menurut Gastroenterological American Association disebutkan bahwa sekitar 4 juta orang memiliki penyakit maag dan setiap orang di dunia 10 diantaranya pernah terserang maag minimal satu kali selama masa hidupnya. Maag sendiri adalah sebuah penyakit yang hadir di lapisan perut, atau lebih tepatnya berada di organ lambung. Ketika seseorang terserang maag, maka secara langsung akan muncul efek berbahaya dari asam lambung terhadap selaput perut atau usus bagian atas. Penyakit ini sendiri masuk ke dalam tipe infeksi, dimana bakteri Helicobacter pylori menjadi penyebab utamanya. Selain itu, maag juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat anti-inflammatory berlebih, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, terapi radiasi serta cedera fisik dan luka bakar. Untuk mengatasi masalah perut ini, Anda dapat mencoba menerapkan beberapa cara alami mengobati penyakit maag di bawah ini.

cara alami mengobati penyakit maag

cara alami mengobati penyakit maag

  1. Kubis

Kubis adalah salah satu obat yang baik untuk lambung. Salah satu kandungannya, yaitu asam amino mampu secara efektif merangsang aliran darah menuju lapisan perut. Dengan fungsinya tersebut, kubis mampu membantu Anda memperkuat lapisan perut, sekaligus menyembuhkan maag. Kubis juga mengandung sejumlah vitamin C yang mampu melawan infeksi H. pylori.

Anda dapat mengolah 1 1/2 kubis dengan cara dipotong. Selanjutnya masukkan potongan kubis ke dalam blender. Anda juga bisa menambahkan potongan wortel untuk menambah khasiatnya. Setelah itu minum ramuan kubis tersebut sebanyak 1 1/2 cangkir setiap sebelum makan dan tidur. Lakukan cara ini selama beberapa minggu.

  1. Pisang

Buah pisang bisa menjadi cara alami mengobati penyakit maag yang efektif dan juga sederhana. Baik itu pisang matang maupun mentah, buah berwarna kuning ini memiliki senyawa anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori yang menjadi penyebab munculnya maag. Selain itu, pisang juga dapat menghapus keasaman pada cairan lambung, sehingga perut Anda akan lebih terjaga.

Untuk membuat obat maag ini, Anda hanya perlu mengonsumsi tiga pasak pisang yang sudah masak setiap hari. Anda juga bisa mengeringkan dua atau tiga pisang yang sudah dipotong tipis di bawah sinar matahari. Selanjutnya giling pisang tersebut hingga menjadi bubuk halus. Campurkan 2 sdm bubuk pisang tersebut dengan 1 sdm madu. Konsumsi sebanyak tiga kali sehari selama satu minggu.

  1. Bawang putih

Cara alami mengobati penyakit maag selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, disebutkan bahwa bawang putih mengandung sifat antimikroba dan anti bakteri yang mampu menjaga kadar bakteri H. pylori tetap aman. Anda hanya perlu mengonsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih beserta segelas air setiap siang hari.

  1. Madu

Madu merupakan cara alami mengobati penyakit maag yang terakhir pada daftar kali ini. Kandungan enzim oksidase glukosa yang terdapat pada madu mampu menghasilkan hidrogen peroksida yang dapat membunuh berbagai bakteri berbahaya. Selain itu, madu juga dapat mengurangi radang pada selaput perut. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri, Anda hanya perlu mengonsumsi 2 sdm madu mentah setiap hari.


Cara Alami Mengobati Penyakit Maag | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply