Cara Alami Mengobati Penyakit Amebiasis

 

Amebiasis, amoebiasis atau entamobiasis merupakan infeksi parasit usus yang disebabkan oleh Entamoeba histolytia. Entamoeba ini merupakan protozoa bersel tunggal yang dapat memasuki tubuh melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Gejala umum dari infeksi ini sangatlah banyak, mulai dari tinja yang berdarah, mual, muntah, demam hingga nyeri pada kuadran kanan tubuh. Selain itu amebiasis juga bisa menyebabkan anemia dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengobatan setelah didiagnosa. Salah satunya adalah dengan menggunakan beberapa cara alami mengobati penyakit amebiasis berikut ini.

Cara Alami Mengobati Penyakit Amebiasis

Cara Alami Mengobati Penyakit Amebiasis

  1. Cairan

Salah satu gejala amebiasis adalah keluarnya tinja dengan kandungan air berlebih dan muntah-muntah. Jika hal tersebut terjadi sangat sering, maka kemungkinan terjadi dehidrasi sangatlah besar. Oleh sebab itu, untuk mencegah dehdrasi, Anda harus cukup mendapatkan cairan sepanjang hari.

Nantinya cairan tersebut juga akan membantu menjaga sistem tubuh tetap bersih, sehingga organisme parasit penyebab amebiasis dapat disingkirkan. Untuk penerapannya, Anda bisa mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi buttermilk, air kelapa, teh hitam dan teh herbal lainnya. Namun ingat bahwa peningkatan asupan cairan terkadang terlarang untuk penderita sakit ginjal, untuk itu konsultasikan dahulu kepada dokter.

  1. Bawang putih

Rempah bawang putih juga dapat Anda jadikan cara alami mengobati penyakit amebiasis. Sifat antibiotik pada bawang putih sangat cocok untuk membersihkan tubuh Anda dari parasit berbahaya, termasuk juga yang menyebabkan amebiasis. selain itu, bawang putih juga dapat merangsang peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih mentah setiap pagi selagi perut kosong. Lakukan cara ini setiap hari selama 1 minggu. Jika ingin menggunakan suplemen bawang putih, ada baiknya konsultasikan dahulu resepnya pada dokter.

  1. Oregano

Oregano sudah sejak zaman dahulu dignakan sebagai obat herbal yang berfokus pada penangkisan parasit-parasit berbahaya, oleh sebabnya oregano sangat cocok untuk mengobati amebiasis. Hal tersebut dikarenakan sifat antibiotik serta antioksidan pada oregano dapat berfungsi untuk melawan infeksi. Selain itu juga, oregano mengandung properti antispasmodic yang dapat membantu mengobati nyeri dan kram akibat amebiasis.

Anda bisa mencampurkan 2 hingga 3 tetes minyak oregano ke dalam segelas air. Tambahkan juga perasan jeruk lemon. Konsumsi ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Cuka sari apel

Cara alami mengobati penyakit amebiasis lainnya yang tidak kalah efektif adalah dengan menggunakan cuka apel. Nantinya cuka apel dapat membantu mempertahankan tingkat pH di dalam tubuh, yang mana membuat parasit tidak dapat berkembang dan menginfeksi. Anda bisa mengonsumsi 1 hingga 2 sdm cuka apel mentah bersama dengan segelas air hangat.

  1. Labu

Cara alami mengobati penyakit amebiasis yang terakhir adalah dengan menggunakan labu. Anda bisa mengonsumsi 1 hingga 2 sdt biji labu selagi perut kosong setiap hari selama beberapa minggu. Jangan lupa juga untuk dibarengi dengan konsumsi banyak cairan. Nantinya efek anti-inflamasi pada labu akan membantu melindungi lapisan usus dari kerusakan akibat parasit.

Kategori: INFO KESEHATAN » TIPS PENGOBATAN Tags:
Cara Alami Mengobati Penyakit Amebiasis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply