Cara Alami Mengobati Nyeri saat Kencing

Kencing nyeri atau dalam bahasa medis disebut disuria adalah keadaan dimana seseorang tidak nyaman saat membuang air kecing. Gejalanya sendiri meliputi rasa nyeri, perasaan terbakar, ketidaknyamanan dan juga terkadang tubuh merasa terlalu panas. Perlu diingat, disuria bukanlah penyakit, namun juga gejala dari suatu penyakit. Pada umumnya hal ini diakibatkan oleh infeksi saluran kemih oleh bakteri. Selain itu khusus pada pria kadang dikarenakan uretritis dan kondisi prostat tertentu. Ada pula kondisi umum lain, seperti infeksi ginjal, herpes genital, prostatitis, PMS dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa cara alami mengobati nyeri saat kencing pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Nyeri saat Kencing

Cara Alami Mengobati Nyeri saat Kencing

  1. Meningkatkan asupan air

Air memiliki peran untuk menguras kotoran atau limbah di dalam tubuh. Itu berarti air juga memiliki peran yang efektif untuk menyiram bakteri penyebab infeksi serta racun keluar dari tubuh. Selain itu mengonsumsi air juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga kekuatan tubuh tetap terjaga. Selain mengonsumsi air putih secara teratur (sekitar 8 hingga 10 gelas per hari), Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berbasis air.

  1. Kompres hangat

Disuria dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat. Untuk itu Anda bisa menenangkannya dengan menggunakan kompres hangat. Nantinya panas dari kompres tersebut setidaknya dapat meminimalkan tekanan pada kandung kemih, sehingga rasa sakit akan berkurang.

Anda bisa menerapkan kompres hangat pada bagian bawah perut selama 5 menit saja. Selanjutnya rendam di dalam air panas kembali, lalu lakukan hal yang sama dengan waktu tunggu beberapa saat. Selain menggunakan kompres, Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas berbahan karet.

  1. Baking soda

Cara alami mengobati nyeri saat kencing selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Senyawa alkali ini nantinya dapat membantu mengurangi tingkat keasaman pada urin, sehingga dapat memudahkan tubuh saat mendorong buang air kecing. Anda bisa menambahkan 1 sdt baking soda ke dalam segelas air. Aduk hingga larut merata, lalu minum selagi perut kosong. Lakukan setiap hari selama seminggu.

  1. Lemon

Di sini lemon dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala akibat nyeri saat kencing. Meskipun asam, lemon memiliki efek alkalizing. Selain itu lemon juga bersifat antibakteri dan antivirus, termasuk juga asam sitrat, yang mana cocok untuk menyembuhkan masalah ini.

Anda bisa memeras 1 jeruk lemon ke dalam segelas air hangat untuk dijadikan jus. Tambahkan 1 sdt madu mentah dan aduk hingga merata. Selanjutnya konsumsi setiap pagi secara teratur saat perut kosong.

  1. Jahe

Cara alami mengobati nyeri saat kecing yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan ramuan jahe. Sifat antivirus dan antibakteri pada jahe dapat membantu menyembuhkan infeksi penyebab nyeri saat buang air kecil. Anda bisa mencampurkan pasta jahe dan madu mentah dengan takaran masing-masing 1 sdm. Konsumsi pasta tersebut sebanyak sekali dalam sehari.

Cara Alami Mengobati Nyeri saat Kencing | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply