Cara Alami Mengobati Muntaber

Muntaber (muntah dan berak) dalam bahasa medis disebut dengan nama gastroenteritis. Penyakit ini terjadi ketika saluran pencernaan, khususnya lambung dan usus mengalami peradangan, yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini selain menyebabkan pasien sering muntah dan buang air besar, juga membuat tenggorokan menjadi sakit, demam, nyeri pada beberapa bagian tubuh, dan hidung meler. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba menerapkan salah satu cara alami mengobati muntaber pada daftar di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Muntaber

Cara Alami Mengobati Muntaber

  1. Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat antivirus dan antibakteri, sehingga cocok untuk melawan penyebab muntaber. Selain itu, kayu manis juga memiliki sifat hangat, sehingga gejala-gejala dari muntaber, seperti kedinginan dan nyeri dapat diatasi.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan 1 1/2 cangkir air panas. Diamkam selama 5 menit, lalu saring. Tambahkan 1 sdt madu dan konsumsi sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Gunakan cara ini selama dua hari.

 

  1. Jahe

Cara alami mengobati muntaber selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan jahe. Sifat anti-inflamasi alami pada jahe efektif untuk mengatasi berbagai gejala muntaber, termasuk membantu mengobati rasa mual, kram perut, muntah, dan kembung. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi frekuensi buang air besar berlebih.

Anda bisa merebus 1 sdt jahe yag sudah dicincang dengan 1 1/2 gelas air panas. Diamkam selama 10 menit, lalu saring. Konsumsi ramuan jahe ini beberapa kali dalam sehari. Anda juga bisa mengonsumsi jahe dengan dikunyah secara langsung.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal akan sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk melawan berbagai macam penyakit, termasuk muntaber. Bahkan bawang putih bisa membantu mengatasi gejala yang timbul, seperti kram, gangguan pencernaan, buang gas, dan kembung.

Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan 1 sdt bawang putih yang sudah dicincing dengan madu secukupnya. Setelah itu, konsumsi sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Lakukan cara ini selama 2 hari saja untuk mempercepat proses penyembuhan.

 

  1. Yogurt

Probiotik pada yogurt terkenal baik untuk pencernaan, sehingga tidak salah jika yogurt bisa digunakan untuk mengobati penyakit muntaber. Selain itu, kandungan pada yogurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan dapat bekerja lebih cepat. Anda sendiri bisa mengonsumsi yogurt sebanyak 2-3 cangkir setiap hari.

 

  1. Lemon

Cara alami mengobati muntaber yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan ramuan lemon. Kandungan asam pada lemon baik untuk mengatasi muntaber dan gejala yang menyertainya. Selain itu, lemon juga dapat membunuh patogen, sekaligus kandungan vitamin C padanya juga dapat membunuh mikroba berbahaya dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan virus. Anda bisa coba mengonsumsi jus lemon 30 menit sebelum makan. Lakukan cara ini hingga muntaber dapat diatasi.

—————————————————————————————————————————————-

Referensi:

http://www.webmd.com/children/features/the-truth-about-stomach-flu

http://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-stomach-flu.html

http://www.alodokter.com/komunitas/topic/muntaber-3/

Cara Alami Mengobati Muntaber | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply