Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

Mata bintitan atau hordeolum adalah sebuah infeksi akut pada kelenjar minyak kelopak mata. Biasanya infeksi menyebabkan pembengkakan berupa benjolan merah pada bagian kelompak mata. Selain itu, mata bintitan juga dapat menimbulkan nyeri yang sangat pada kepala akibat pengisian nanah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan preventif dengan tidak menambah besar dan lebar infeksi, seperti tidak menyentuhnya menggunakan tangan yang kotor dan mencegahnya mata terkena terpaan debu. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara alami mengobati mata bintitan di bawah ini.

mata bintitan

mata bintitan

  1. Kompres hangat

Salah satu solusi terbaik untuk menenangkan kelopak mata yang bintitan adalah dengan menerapkan kompres handuk panas di atasnya. Nantinya panas dari handuk tersebut akan meningkatkan sirkulasi darah di area sekitar mata, sehingga akan mempercepat pecahnya nanah dan mengurangi pembengkakan serta rasa sakit.

  1. Teh hijau

Seperti yang Kita tahu bersama, teh hijau mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit serta peradangan akibat bintitan. Selain itu, kandungan asam tanat yang terdapat pada teh hijau juga diteliti mampu secara efektif melawan infeksi. Bahkan, kandungan antioksidan dan nutrisinya pun berkontribusi dengan baik saat proses pemulihan dan penyembuhan.

Anda dapat menggunakan teh hijau sebagai cara alami mengobati mata bintitan dengan cara diseduh terlebih dahulu. Tunggu beberapa menit, lalu ambil kantong teh hijau tersebut sembari diperas. Lanjutkan dengan meletakkan kantong teh yang basah tersebut di atas mata Anda yang dalam keadaan tertutup.

  1. Biji ketumbar

Cara alami mengobati mata bintitan selanjutnya adalah dengan menggunakan biji ketumbar. Salah satu bahan dapur ini ternyata juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi rasa sakit, bengkak dan kemerahan akibat mata bintitan. Anda dapat menerapkan 1 sdt biji ketumbar yang sudah dicampur dengan 1 cangkir air panas. Diamkan terlebih dahulu air hingga mendingin, lanjutkan dengan menyaringnya dan gunakan airnya untuk mencuci area mata yang terkena infeksi bintitan.

  1. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang sangat terkenal di indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu masakan, namun juga kunyit terkenal sebagai tanaman herbal untuk mengobati banyak macam penyakit. Sifat anti-inflamasi dan anti bakterinya mampu menjadi bantuan yang efektif untuk menyingkirkan mata bintitan. Selain itu, kunyit juga dipercaya mampu menghilangkan unsur-unsur yang menjadi penyebab infeksi.

Anda dapat mencampurkan 1 sdm kunyit dengan 2 cangkir air yang mendidih. Lanjutkan dengan mendinginkannya, lalu saring hingga hanya tersisa airnya saja. Terapkan air ekstra kunyit tersebut sebagai obat pencuci mata dan kelopak mata.

  1. Lidah buaya

Cara alami mengbati mata bintitan yang terakhir adalah dengan menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Seperti yang Kita tahu, lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk mengobati banyak penyakit kulit, seperti kulit kepala dan jerawat. Selain itu, sifat-sifat yang terdapat pada lidah buaya juga ternyata mampu membantu menyembuhkan mata bintitan. Anda hanya perlu menggosokkan secara perlahan gel lidah buaya ke area kelopak mata yang terkena bintitan.

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply