Cara Alami Mengobati Malaria

Malaria adalah penyakit yang terdapat di dalam darah. Penyakit ini hadir akibat parasit yang ditularkan oleh nyamuk bernama Anopheles. Meskipun terlihat mengerikan, penyakit malaria mudah dicegah dan dapat diobati. Terlebih jika penyakit ini didiagnosis dan diobati sejak dini, sehingga lama infeksi dapat dikurangi dan risiko komplikasi serta kematian dapat menurun. Ada banyak bahan herbal yang dapat Anda jadikan cara alami mengobati malaria dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada pembahasan berikut ini.

 

Cara Alami Mengobati Malaria

Cara Alami Mengobati Malaria

  1. Air lemon

Penyakit malaria dapat mengakibatkan demam yang tinggi, dengan mengkonsumsi ekstrak jus lemon segar nan hangat, Anda bisa mencegah kenaikan suhu selama awal demam. Pasien harus meminum jus lemon hangat tersebut secara perlahan.

  1. Jeruk bali

Jeruk bali atau grapefruit memiliki kemampuan yang efektif untuk mengendalikan intensitas infeksi akibat malaria. Bahkan jeruk bali sudah dijadikan obat herbal malaria sejak lama. Kandungan kina yang terdapat pada jeruk bali dapat diambil manfaatnya dengan cara direbus. Selain jeruk bali, apel dan jeruk biasa pun dapat digunakan untuk obat pemulihan bagi para pasien pengidap malaria.

  1. Kayu manis

Cara alami mengobati malaria lainnya adalah dengan menggunakan kayu manis. Rempah-remaph dapur ini dapat diolah dengan cara direbus. Takarannya sekitar 1 sdt bubuk kayu manis kasar dan secangkir air. Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk merica dan madu secukupnya.

  1. Daun kemangi

Daun kemangi dapat Anda jadikan cara alami mengobati malaria secara efektif. Cara mengolahnya mudah saja, Anda hanya perlu menghancurkan sekitar 12 hingga 15 lembar daun kemangi, setelah itu menyaring ekstraknya ke dalam cangkir. Tambahkan 1/2 sdt bubuk lada hitam, lalu aduk hingga rata. Minum ramuan herbal tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari ketika tahap-tahap awal mengidap malaria.

  1. Datura

Bahan herbal ini memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Namun di India, Datura sering digunakan untuk mengobati malaria. Dengan mengolah 2 1/2 daun datura yang baru tumbuh, Anda dapat membuatnya menjadi pil. Konsumsi olahan datura tersebut dua jam sebelum datangnya demam tiba-tiba.

  1. Jahe

Untuk menggunakan jahe sebagai cara alami mengobati malaria, Anda dapat merebusnya bersama dengan 2 hingga 3 sendok kismis dan segelas air. Tunggu hingga air berkurang hingga setengahnya. Diamkan hingga dingin, lalu konsumsi secara teratur.

  1. Alum

Tanaman alum juga ternyata dapat Anda jadikan obat malaria. Anda dapat membuat alum menjadi bubuk, setelah itu mengkonsumsinya sebanyak 1/2 sdt selama 4 jam sebelum panas timbul dan 1/2 sdt setelah dua jam timbul serangan panas.

  1. Kompres dingin

Cara alami mengobati malaria yang terakhir adalah dengan membuat kompres air dingin. Dengan mengaplikasikan kompres dingin ke seluruh tubuh, suhu panas akan menurun selama demam. Selain itu, Anda juga bisa memasukan air hangat ke dalam botol, lalu menyimpannya di bagian kaki dan sisi tubuh.

Cara Alami Mengobati Malaria | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply