Cara Alami Mengobati Lepuh pada Kaki

 

Lepuh pada kaki biasanya disebabkan oleh terlalu lama menggunakan sepatu, perjalanan panjang, melakukan gerakan yang berulang sehingga terjadi gesekkan terus-menerus serta hawa yang panas. Selain itu lepuh juga bisa diakibatkan oleh iritasi, paparan bahan kimia, suhu ekstrim, reaksi alergi, cacar, herpes, lecet, diabetes dan masih banyak lagi. Sedangkan gejalanya meliputi rasa nyeri, lepuh dengan cairan di dalamnya, merah, bengkak dan meradang. Anda yang mengalaminya bisa mencoba salah satu cara alami mengobati lepuh pada kaki berikut ini.

Cara Alami Mengobati Lepuh pada Kaki

Cara Alami Mengobati Lepuh pada Kaki

  1. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk rambut, namun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang cocok untuk menyembuhkan lepuh, bengkak dan kemerahan. Selain itu kandungan lidah buaya pun dapat membantu membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat dan iritasi dapat dihindari.

Cara penggunaanya sangat mudah. Anda bisa secara langsung menerapkan daging lidah buaya ke bagian kaki yang lepuh. Diamkan saja hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan minyak vitamin E.

  1. Cuka sari apel

Cuka apel sangat cocok untuk dijadikan cara alami mengobati lepuh pada kaki. Dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri pada cuka apel, lepuh pada kaki nantinya dapat diatasi dengan lebih cepat, iritasi dapat dihindari serta rasa sakit serta peradangan dapat dikurangi.

Untuk penerapannya, Anda bisa mengusapkan cuka sari apel ke bagian kaki yag lepuh menggunakan bola kapas. Usapkan secara lembut dan diamkan hingga kering. Jika cuka apelnya terlalu menyengat, Anda bisa mencampurnya terlebih dahulu dengan air.

  1. Teh hijau

Senyawa anti-inflamasi pada teh hijau dipercaya dapat mempercepat penyembuhan, mengurangi pembengkakan serta rasa sakit yang timbul. Selain itu teh hijau juga mengandung antioksidan serta vitamin yang dapat mempercepat proses penyembuhan lepuh.

Anda bisa membuat teh hijau terlebih dahulu bersama dengan secangkir air panas. Diamkan 5 menit, lalu ambil kantong teh hijaunya dan diamkan hingga dingin. Lanjutkan dengan meletakkan kantong teh hijau tersebut ke bagian yang lepuh. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan kembali sebanyak 4 hingga 5 kali dalam sehari.

  1. Minyak pohon teh

Kandungan antibakteri pada salah satu minyak esensial terkenal ini dipercaya dapat mengurangi risiko kulit lepuh terkena infeksi. Untuk penerapannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak sayur ataupun air biasa. Perbandingannya sekitar 1 berbanding 3. Selanjutnya terapkan ramuan tersebut ke bagian kulit lepuh dengan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa hari.

  1. Kunyit

Cara alami mengobati lepuh pada kulit yang terakhir adalah dengan menggunakan kunyit. Dengan sifat antiseptik serta sifat penyembuhnya, kunyit cocok untuk dijadikan cara yang baik melawan peradangan dan rasa sakit yang timbul akibat lepuh. Penerapannya bisa Anda lakukan secara langsung dengan cara dioleskan. Namun sebelum itu campurkan dahulu bubuk kunyit dengan air. Takaran kunyit cukup 1 sampai 2 sdt saja. Terapkan ramuan selama 10 hingga 15 menit dan lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air hangat.

Cara Alami Mengobati Lepuh pada Kaki | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply