Cara Alami Mengobati Kutu Air

Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang umum terjadi. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh infeksi jamur dan biasanya muncul pertama kali pada kaki, setelah itu bisa menyebar ke telapak tangan, pangkal dari paha dan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk mengatasi penyakit yang cukup merisihkan tersebut, Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa cara alami mengobati kutu air di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Kutu Air

Cara Alami Mengobati Kutu Air

  1. Bawang putih

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bawang putih memiliki kandungan ajoene, yang mampu menjadi antijamur alami dan agen antibakteri. Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan cengkeh, yang mana cengkeh disini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan dari infeksi jamur. Sedangkan untuk penerapannya, Anda bisa menggunakan cara topikal, yaitu langsung meletakkan ramuan ke area yang terkena kutu air.

  1. Cuka

Cuka memiliki sifat asam, yang mana mampu membantu melawan jamur sekaligus menurunkan tingkat basa pada kulit, sehingga mampu menghambat penyebaran infeksi. Selain itu, cuka juga dapat menghambat kelembapan, yang mana menjadi salah satu alasan berkembang pesatnya jamur. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu merendam area yang terkena mata kaki menggunakan baskom berisi air hangat bercuka dengan perbandingan 3 bagian air dengan 1 bagian cuka.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik bernama acidophilus yang aktif. Bakteri ini mampu secara efektif memerangi infeksi jamur, termasuk pada kutu air. Anda bisa mengoleskan secara langsung yogurt ke area yang terkena kutu air. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Keringkan dengan cara ditepuk menggunakan handuk bersih. Lakukan cara tersebut selama dua kali sehari dalam beberapa minggu. Anda juga bisa menggunakannya secara oral, dimana yogurt dikonsumsi pada pagi dan malam hari.

  1. Garam

Cara alami mengobati kutu air lainnya adalah dengan menggunakan garam. Seperti yang Kita tahu, garam merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai obat rumahan. Hal tersebut dikarenakan kandungan pada garam yang mampu membunuh jamur penyebab infeksi pada kulit. Untuk penggunaannya sendiri, Anda bisa menuangkan satu liter air hangat ke dalam baskom, setelah itu tambahkan 6 sendok teh garam. Aduk hingga rata, lalu rendam bagian kulit yang terkena kutu air. Anda juga bisa mengoleskan baking soda pada area yang terkena penyakit untuk menjaga kulit tetap lembab saat terkena air garam.

  1. Minyak pohon teh

Cara alami mengobati kutu air yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak dari pohon teh. Minyak pohon teh merupakan antiseptik alami yang kuat. Selain itu, minyak ini juga memiliki sifat antijamur yang mampu menghancurkan jamur penyebab kutu air sekaligus membuatnya tidak menyebar. Anda bisa mencampurkan minyak pohon teh murni dengan minyak zaitun. Setelah itu terapkan minyak tersebut ke area luka sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan cara ini selama beberapa minggu untuk mencegah kutu air datang kembali.

Cara Alami Mengobati Kutu Air | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply