Cara Alami Mengobati Kaligata

Kita masyarakat Indonesia yang notabene berada di area lembab dan dingin tentunya mengenal apa itu kaligata. Ini merupakan kondisi medis, yang mana mengakibatkan munculnya pemanasan secara mendadak pada kulit yang terpapar suhu dingin. Perubahan mendadak tersebut menyebabkan pembuluh darah cepat meluas, sehingga terjadi kebocoran darah ke jaringan di dekatnya. Kaligata dapat terjadi pada banyak bagian tubuh dan menimbulkan sensasi terbakar, gatal, nyeri, bengkak, radang hingga kering. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa mencoba pilihan cara alami mengobati kaligata pada daftar berikut.

Cara Alami Mengobati Kaligata

Cara Alami Mengobati Kaligata

  1. Elevasi

Elevasi atau ketinggian adalah metode sederhana untuk menyembuhkan kaligata. Caranya sangat mudah, dimana Anda hanya perli meningkatkan ketinggian di daerah yang terkena kaligata. Misalnya Anda menempatkan lengan atau kaki yang terkena kaligata ke atas bantal. Dengan cara ini nantinya sirkulasi darah akan terbantu peningkatannya. Selain itu cara ini juga dapat mengurangi peradangan, pembengkakan dan nyeri.

 

  1. Pijat

Pijat dapat berguna untuk pencegahan dan pengobatan. Ketika digunakan untuk pencegahan, lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar dua kali dalam sehari (pagi dan malam sebelum tidur) ketika musim hujan atau udara lembab. Cara ini akan memastikan sirkulasi darah berjalan lancar dan risiko kaligata dapat dikurangi.

 

Untuk pengobatan, pemijatan dapat ditingkatkan intensitasnya dan jangan lupa untuk menggunakan bantuan minyak esensial, seperti minyak jarak dan kelapa. Selain itu Anda juga bsia menggunakan minyak esensial nabati lainnya, seperti rosemary, lavender dan lemon.

 

  1. Bawang merah

Rempah dapur bawang merah juga ternyata bisa dijadikan cara alami mengobati kaligata yang efektif dan mudah. Seperti yang Kita tahu, bawang merah memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi dan antibiotik, yang mana berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri, gatal, peradangan dan bengkak yang diakibatkan oleh kaligata.

 

Cara penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengiris bawang merah menjadi potongan tebal. Selanjutnya gosokkan irisan bawang merah tersebut ke area yang terkena kaligata. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan menggunakan handuk hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama 1 atau 2 minggu.

 

  1. Kentang

Kentang dipercaya dapat menurunkan gejala akibat kaligata, yaitu peradangan dan gatal. Hal tersebut disebabkan oleh sifat anti-iritasi dan penenangnya. Untuk cara penggunaannya sendiri tidak jauh berbeda dengan bawang. Anda hanya perlu mengiris tebal kentang mentah. Taburi kentang tersebut dengan garam, lalu gosokkan ke area yang terkena kaligata.

 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat penyembuh dan anti-inflamasi. Itu mengapa tanaman hijau berduri ini dapat dijadikan cara alami mengobati kaligata. Bahkan lidah buaya juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan. Sedangkan untuk cara penerapannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyayat bagian kulit dari lidah buaya. Setelah itu oleskan gel dari lidah buaya tersebut ke area yang terkena penyakit sembari dipijat. Lanjutkan dengan membilaskan menggunakan tisu basah.

Cara Alami Mengobati Kaligata | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply