Cara Alami Mengobati Kaki Dingin

Pernahkah kaki Anda terasa dingin? Mungkin saja hal tersebut merupakan suatu gejala dari penyakit yang ringan hingga berat. Pada umumnya kaki dingin diakibatkan oleh sirkulasi darah yang buruk, sehingga menyebabkan oksigen tidak sampai ke kaki. Selain itu, kaki dingin juga bisa saja diakibatkan oleh berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan kronis, penyakit pembuluh darah perifer, hipotirodisme, hipotermia, diabetes, hingga kerusakan saraf. Anda yang mengalami hal ini bisa mencoba salah satu cara alami mengobati kaki dingin pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Kaki Dingin

     Cara Alami Mengobati Kaki Dingin

  1. Memijat

Melakukan pijatan dapat merangsang aliran darah dan menjaga kaki tetap hangat. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dihangatkan beberapa detik di dalam microwave. Gunakan minyak untuk memijat selama 10 menit. Setelah dipijat, sebaiknya gunakan kaus kaki berbahan katun. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur.

 

  1. Olahraga kaki

Anda juga bisa berolahraga untuk mengobati kaki dingin. Nantinya latihan akan memperkuat dan melancarkan pembuluh darah, sehingga oksigen akan lebih mudah teraliri ke kaki. Cara olahraganya pun mudah. Anda hanya perlu berdiri dengan tumpuan jari-jari kaki (jingjit). Lakukan hal ini beberapa kali selama 1 menit atau lebih.

 

  1. Jahe

Cara alami mengobati kaki dingin selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Nantinya jahe akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan menahan hawa dingin yang mungkin terlampau ekstrim. Selain itu, jahe juga mengandung senyawa gingerol dan zingerone, yang bisa membantu menghangatkan tubuh secara keseluruhan. Jahe juga dapat mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah.

Anda bisa merebus 2 gelas air dengan 1 sdm irisan jahe selama 10 menit. Selanjutnya saring, lalu tambahkan madu pada air rebusan tersebut. Konsumsi ramuan sebanyak 2-3 per hari.

 

  1. Teh hijau

Meminum teh hijau dapat meningkatkan fungsi pembuluh yang membawa darah ke seluruh tubuh, termasuk ke kaki. Anda bisa meminum teh hijau sebanyak 2-3 gelas per hati. Untuk pembuatannya, Anda bisa mencampurkan 1 sdt teh hijau dengan segelas air panas. Diamkan hingga hangat, lalu minum.

 

  1. Cabe rawit

Kandungan capsaicin pada cabe rawit dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kaki. Selain itu, cabe rawit juga dapat mengurangi gejala yang biasa timbul saat mengalami kaki dingin, seperti kesemutan dan bengkak.

 

Anda bisa memasukkan bubuk cabe rawit ataupun lada ke dalam kaus kaki yang tebal. Setelah itu, pakai kaus kaki tipis dan lapisi dengan kaus kaki tebal tersebut. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan capsaicin. Namun sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

  1. Konsumsi banyak zat besi

Kaki dingin juga bisa disebabkan oleh anemia. Oleh sebab itu, cara alami mengobati kaki dingin selanjutnya adalah dengan meningkatkan konsumsi zat besi. Ada banyak makanan yang kaya akan senyawa tersebut, seperti buah apel, kacang, tahu, bayam, buah zaitun, tiram, selada air, dan daging merah.


Cara Alami Mengobati Kaki Dingin | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply