Cara Alami Mengobati Infeksi Telinga

Infeksi telinga dapat disebabkan oleh bakteri atau virus yang berada di bagian tengah telinga. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa. Sedangkan penyebab atau faktornya sendiri cukup beragam, mulai dari penumpukan lilin, infeksi saluran pernapasan atas, alergi makanan, sindrom alkohol janin, alergi lingkungan, kekurangan gizi, genetika dan luka. Tanda umumnya meliputi susah tidur, demam tinggi, menarik-narik telinga, nyeri, respon telinga yang minim, diare, muntah, sakit kepala dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini Anda bisa mencoba beberapa cara alami mengobati infeksi telinga pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Infeksi Telinga

Cara Alami Mengobati Infeksi Telinga

  1. Garam

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati infeksi telinga adalah dengan menggunakan garam. Anda bisa memanaskan satu cangkir garam di panci selama beberapa menit. Memanaskannya bisa menggunakan kompor dengan api kecil ataupun microwave. Setelah itu tempatkan garam tersebut ke sebuah kain, lalu ikat ujung-ujungnya menggunakan karet. Gunakan kain bergaram tersebut dengan cara diletakkan di telinga selama 5 hingga 10 menit. Usahakan untuk Anda berbaring saat melakukannya.

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan kandungannya yang memiliki sifat penghilang rasa sakit alami dan antimikroba. Oleh sebab itu, ramuan bawang putih ini sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi pada telinga. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan bawang putih. Misalnya saja membuat minyak bawang putih dengan mengolah 2 siung bawang putih dan 2 sdm minyak wijen hingga warnanya menjadi hitam. Setelah disaring Anda bisa mneteskannya ke dalam telinga. Takaran tetesan sekitar 2 hingga 4 tetes.

Anda juga bisa merebus tiga siung bawang putih segar dengan air selama 5 menit. Lanjutkan dengan menghancurkan bawang putih tersebut sembari ditambah dengan garam. Masukkan ramuan tersebut ke sehelai kain lalu letakkan ke bagian telinga yang sakit.

  1. Cuka sari apel

Cara alami mengobati infeksi telinga selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Di sini cuka apel berfungsi untuk mematikan jamur yang menjadi salah satu penyebab infeksi telinga. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel, air dan alkohol dengan takaran yang sama. Setelah itu rendam bola kapas ke dalam larutan tersebut. Lanjutkan dengan meletakkan dan menekan bola kapas ke bagian telinga yang terkena infeksi. Diamkan selama 5 menit dan usahakan lakukan sembari berbaring ke sisi telinga yang tidak sakit.

  1. Minyak zaitun

Cara alami mengobati infeksi telinga yang terakhir pada daftar kali ini adalah dengan menggunakan minyak esensial, yaitun zaitun. Nantinya minyak zaitun akan membantu menghapus obstruksi berupa lilin pada telinga yang menyebabkan bakteri serta jamur terperangkap.

Anda bisa menghangatkan sedikit minyak zaitun. Selanjutnya teteskan minyak zaitun tersebut ke area telinga yang terinfeksi selagi hangat. Nantinya lilin pada telinga akan melunak. Lanjutkan dengan menyeka lilin tersebut menggunakan kapas penyeka. Tetap hati-hati dalam membersihkan agar tidak melukai gendang telinga.

Cara Alami Mengobati Infeksi Telinga | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply