Cara Alami Mengobati Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal juga bisa disebut dengan nama pielonefritis. Pada umumnya ini terjadi akibat infeksi bakteri yang menyebar naik dari bagian saluran kemih menuju kandung kemih melalui uretra sehingga bermuara ke ginjal. Infeksi ini mampu mempengaruhi kinerja satu atau dua ginjal sekaligus. Biasanya yang mengalami masalah ini wanita, terutama ibu hamil. Gejala umum dari infeksi ginjal meliputi nyeri, demam, muntah, sakit perut, mual, sensasi terbakar saat buang air kecil dan lain sebagainya. Jika Anda sudah didiagnosa oleh dokter mengalami masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa cara alami mengobati infeksi ginjal pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Infeksi Ginjal

Cara Alami Mengobati Infeksi Ginjal

  1. Konsumsi banyak cairan

Meningkatkan konsumsi cairan ketika Anda terserang infeksi ginjal dapat membantu mengurangi rasa nyeri, sekaligus mempromosikan pemulihan yang cepat. Cairan juga dapat membantu menyiram bakteri, limbah serta racun dari ginjal, sehingga ginjal akan lebih sehat dan bersih.

Anda bisa rutin mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air sepanjang hari. Anda juga bisa mengonsumsi 1 hingga 2 gelas air kepala yang lembut ataupun air lemon setiap hari secara rutin. Jika Anda tidak suka kelapa ataupun lemon, Anda juga bisa membuat jus sayur ataupun buah. Hal ini sangat baik, karena sayurn dan buah kaya akan vitamin yang diperlukan untuk membasmi infeksi. Selain itu hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi, misalnya saja kopi.

  1. Kompres air panas

Cara alami mengobati infeksi ginjal selanjutnya adalah dengan mengompres menggunakan air panas (hangat). Anda bisa mengompres bagian-bagian tubuh yang terasa nyeri, seperti di bawah perut, punggung dan pinggul. Kompres ini nantinya akan membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi tekanan dari kandung kemih serta mengendurkan otot-otot perut.

Anda bisa mengompres menggunakan botol air panas atau hangat. Namun yang paling cocok adalah menggunakan alat seperti bantal dari karet yang dapat diisi air panas. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan.

  1. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan antibiotik dan probiotik yang dapat membantu proses penyembuhan infeksi ginjal, sekaligus juga mengurangi risiko terkena kembali. Seperti yang Kita tahu bersama, bakteri baik pada yogurt memiliki banyak manfaat, termasuk juga menghambat serangan bakteri ke sel epitel saluran kemih. Selain itu, yogurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk penerapannya, Anda bisa mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir yogurt setiap hari. Selain itu Anda juga bisa mencampurkan yogurt dengan buah berserat tinggi, semisal apel. Konsumsi campuran buah dan yogurt tersebut sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.

  1. Bawang putih

Cara alami mengobati infeksi ginjal yang terakhir adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Sifat antibiotik pada bawang putih dipercaya dapat melawan infeksi ginjal. Selain itu, bawang putih juga dapat dijadikan diuretik untuk membantu mengeluarkan racun serta mikroorganisme jahat di dalam ginjal. Anda bisa mengonsumsi 3 siung bawang putih mentah setiap pagi selagi perut kosong.

Cara Alami Mengobati Infeksi Ginjal | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply