Cara Alami Mengobati Impetigo

Impetigo merupakan penyakit kulit yang pada umumnya disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus dan streptokokus pyogenes. Penyakit yang sering menyerang anak-anak dan bayi ini juga memiliki banyak jenis dan biasanya menyebar melalui gigitan serangga ataupun dampak dari penyakit lain, semisal eksim dan kudis. Sedangkan untuk gejalanya sendiri mulai dari rasa gatal, ruam, cairan, dan pembengkakan yang menggangu. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan mencoba salah satu cara alami mengobati impetigo pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Impetigo

Cara Alami Mengobati Impetigo

  1. Cuka putih

Impetigo adalah penyakit yang sangat menular. Oleh sebab itu, barengi pengobatan dengan pencegahan infeksi menggunakan antibiotik. Salah satu ramuan yang bisa dijadikan antibiotik alami adalah cuka putih.

Anda bisa mencampurkan 1 sdm cuka putih dengan segelas air hangat. Selanjutnya oleskan ke kulit yang bermasalah dengan bola kapas. Jaga luka agar tetap steril dengan kain kasa. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

 

  1. Kompres hangat

Hawa panas pada kompres dapat membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada kulit. Selain itu, cara ini juga baik untuk mempercepat pengeringan luka. Anda bisa memasukkan waslap ke dalam air panas. Setelah itu peras, lalu letakkan kain tersebut pada area yang bermasalah. Diamkan selama beberapa menit, lalu angkat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

 

  1. Minyak pohon teh

Cara alami mengobati impetigo lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan ramuan dari minyak pohon teh. Nantinya minyak esensial ini akan membantu menghambat persebaran infeksi. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antimikroba di dalamnya juga bisa meringankan gejala yang timbul.

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak zaitun. Setelah itu, oleskan ramuan ke area impetigo. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari selama beberapa hari.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal akan sifat antibakteri dan antibiotik alaminya yang dapat melawan berbagai macam infeksi, termasuk infeksi akibat impetigo. Selain itu, ramuan bawang putih juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan gatal yang timbul.

Untuk pengolahanya, Anda bisa memanaskan terlebih dahulu 2 sdm minyak wijen dengan 2-3 siung bawang putih yang telah dicincang. Selanjutnya saring minyak, lalu terapkan. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari selama beberapa hari.

 

  1. Lidah buaya

Cara alami mengobati impetigo yang terakhir adalah dengan menggunakan lidah buaya. Dengan sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptiknya membuat lidah buaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Selain tu, lidah buaya juga kaya akan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan berdampak pada kalahnya infeksi.

Anda bisa mengoleskan secara langsung gel lidah buaya ke area yang sakit. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari selama beberapa minggu. Anda juga bisa mengonsumsi jus lidah buaya setiap hari untuk juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Alami Mengobati Impetigo | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply