Cara Alami Mengobati Gigitan Laba-Laba

Laba-laba tidak memakan manusia. Pada umunya laba-laba mengigit kulit manusia dikarenakan mekanisme pertahanan dan dalam hal medis gigitan tersebut disebut dengan nama arachnidism. Gejala yang terjadi akibat gigitan laba-laba meliputi gatal-gatal, kemerahan, peradangan hingga rasa nyeri. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa cara alami mengobati gigitan laba-laba pada pembahasan di bawah. Namun ingat, pembahasan ini tidak termasuk untuk gigitan laba-laba beracun semisal black widow ataupun brown recluse, yang mana ditandai dengan demam, kejang otot, kekakuan, muntah dan lain sebagainya. Serangan dari gigitan beracun tersebut harus ditanggulangi secara medis.

Cara Alami Mengobati Gigitan Laba-Laba

Cara Alami Mengobati Gigitan Laba-Laba

  1. Kompres es

Ketika awal digigit, Anda harus membersihkan luka menggunakan air dan sabun yang tidak terlalu kuat. Selanjutnya gunakan kompres es di bagian yang terluka. Nantinya suhu dingin dari kompres akan membantu membuat ujung saraf mati rasa, sehingga sensasi gatal, pembengkakan serta peradangan dapat dikurangi.

Cara membuat kompresnya sangat mudah. Anda hanya perlu membungkus beberapa es batu kecil dengan handuk tipis. Selanjutnya tempatkan handuk tersebut di atas luka dan diamkan selama 10 menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan.

  1. Baking soda

Zak akali yang terkandung pada baking soda mampu membantu menarik racun laba-laba keluar, sehingga dapat menenangkan rasa sakit, peradangan serta gatal pada kulit. Anda bisa mencampurkan 1 sdt baking soda dengan 3 sdt air. Setelah itu oleskan ramuan tersebut ke area gigitan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 5 menit, lalu cuci menggunakan air hangat.

  1. Garam

Cara alami mengobati gigitan laba-laba selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi, garam merupakan bahan yang cocok untuk mengeluarkan racun dari gigitan laba-laba, sehingga proses pemulihan akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, kandungan pada garam tersebut juga dapat membantu mengurangi gejala dari gigitan, termasuk kemerahan dan peradangan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencuci dahulu area yang tergigit hingga bersih menggunakan air hangat. Setelah itu taburkan garam meja ke kain lap bersih yang basah. Selain menggunakan garam meja, Anda juga bisa menggunakan garam laut. Selanjutnya gunakan kain tersebut untuk dijadikan perban. Diamkan selama beberapa jam, lalu lepaskan kain.

  1. Kentang

Anda juga bisa menggunakan kentang untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, sekaligus juga menenangkan. Hal ini dikarenakan sifat anti-iritasi yang terdapat pada kentang sangat bermanfaat untuk menghilangkan peradangan dan rasa gatal.

Anda bisa mengupas 1 buah kentang besar, lalu mencucinya. Setelah itu belah kentang menjadi 2 bagian. Lanjutkan dengan membersihkan luka gigitan menggunakan alkohol. Jika sudah, letakkan tapal kentang ke area yang sakit. Lalu diamkan hingga kering. Agar lebih mempermudah, Anda bisa mengikat kentang menggunakan kain. Setelah kentang menua, Anda bisa membersihkan area yang sakit dengan air hangat.

  1. Jus lemon

Selain menggunakan kentang, Anda juga bisa menggunakan jus lemon sebagai cara alami mengobati gigitan laba-laba. Cara penggunaannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat jus dari lemon segar. Setelah itu terapkan jus tersebut ke area yang sakit menggunakan bola kapas. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Alami Mengobati Gigitan Laba-Laba | RGJ Corp |

Leave a Reply