Cara Alami Mengobati Gatal-Gatal

Gatal-gatal dalam bahasa medis disebut dengan nama urtikaria. Penyebabnya sendiri pada umumnya karena reaksi alergi terhadap zat tertentu, entah itu terkena kulit atau tertelan. Nantinya reaksi tersebut akan menyebabkan protein histamin terlepas, menimbulkan rasa gatal, bengkak, kemerahan dan gejala-gejala lainnya. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mencoba beberapa cara alami mengobati gatal-gatal pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Gatal-Gatal

Cara Alami Mengobati Gatal-Gatal

  1. Hindari penyebab gatal-gatal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gatal-gatal disebabkan oleh zat tertentu. Setiap orang mungkin berbeda penyebab munculnya reaksi. Namun ada beberapa makanan yang umum menyebabkan gatal-gatal. Sebut saja kacang, ikan, coklat, telur, tomat, susu dan buah segar. Selain itu serbuk sari, bahan kimia, lateks, bulu binatang, obat-obatan, infeksi, aditif dari makanan dan gigitan serangga pun dapat menjadi penyebabnya.

 

  1. Kompres dingin

Suhu dingin dipercaya dapat membantu mengecilkan pembuluh darah, sekaligus juga mencegah histamin terlepas. Selain itu kompres dingin juga dapat membantu mengurangi peradangan, gatal-gatal dan pembengkakan.

Cara penerapannya mudah saja. Anda hanya perlu membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain. Setelah itu letakkan ke bagian kulit yang gatal selama 10 menit. Lakukan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Anda juga bisa menggunakan air dingin untuk mandi, sehingga gatal-gatal yang meradang dapat ditangani.

 

  1. Baking soda

Cara alami mengobati gatal-gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Hal ini karena kandungan baking soda yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan yang menyertai gatal. Untuk penggunaannya Anda bisa mencampurkan 1 cangkir baking soda ke dalam air bak mandi. Setelah itu gunakan air tersebut untuk merendam bagian tubuh yang gatal. Lakukan selama 20 hingga 30 menit.

 

  1. Cuka sari apel

Cuka apel mengandung senyawa bernama antihistamin, yang dipercaya dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan dengan cepat. Selain itu cuka apel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan air bak mandi dengan 2 gelas cuka sari apel. Setelah itu rendam kulit yang gatal selama 15 hingga 20 menit. Anda juga bisa mengonsumsi 1 sdt cuka apel yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan segelas air, madu dan sedikit air jeruk. Konsumsi sebanyak 3 kali sehari.

 

  1. Jahe

Cara alami mengobati gatal-gatal yang terakhir adalah dengan menggunakan jahe. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi dan antihistamin pada jahe yang dapat meningkatkan sirkulasi pada kulit, sehingga dapat membantu mengurangi gatal dan menghilangkan bengkak.

Anda bisa mencampurkan 1 sdm jahe dengan 1/2 gelas gula merah. Setelah itu rebus bersama dengan 3/4 cangkir cuka selama beberapa menit. Selanjutnya tambahkan sedikit air hangat dan oleskan ke bagian kulit yang gatal. Lakukan cara ini selama beberapa kali dalam sehari.

Cara Alami Mengobati Gatal-Gatal | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply