Cara Alami Mengobati Endometriosis

Endometriosis merupakan keadaan dimana endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Endometrium sendiri adalah sebuah jaringan yang mestinya tumbuh di permukaan dalam rahim. Manakala terjadi endometriosis, maka pertumbuhan bisa terjadi di ovarium, usus hingga jaringan yang melapisi pelvis. Gejala umum yang terjadi akibat penyakit ini mulai dari kram pada pinggul dan saat menstruasi, nyeri saat buang air, pendarahan, kelelahan infertilitas, bengkak pada perut, diare, sembelit dan masih banyak lagi. Anda atau keluarga yang mengalami hal ini bisa mencoba beberapa cara alami mengobati endometriosis pada daftar berikut.

Cara Alami Mengobati Endometriosis

               Cara Alami Mengobati Endometriosis

  1. Minyak jarak

Minyak jarak nantinya dapat berfungsi untuk menghilangkan jaringan berlebih, sekaligus juga racun. Penggunaan minyak jarak harus dilakukan sebelum atau awal siklus menstruasi, terlebih saat muncul kram yang pertama kali. Dengan penggunaan minyak jarak pula nantinya endometriosis akan berkurang keparahannya.

Untuk penggunaan, Anda bisa mencampurkan 1/4 cangkir minyak jarak dengan minyak esensial lain, semisal lavender beberapa tetes saja. Selanjutnya masukkan kain pada ramuan tersebut dan hangatkan dengan microwave. Jika sudah cukup hangat, letakkan kainnya di bagian bawah perut. Anda bisa menempatkan plastik di atas kain dan botol air panas. Lakukan cara ini sehari sekali selama 30 hingga 60 menit. Perlu diingat untuk jangan menggunakan cara ini saat menstruasi.

  1. Biji rami

Kandungan antioksidan dan omega-3 asam lemak pada biji rami dipercaya dapat membantu memperlambat pertumbuhan endometrium yang abnormal. Selain itu biji rami juga dapat membantu mengeluarkan racun pada tubuh.

Anda bisa merendam terlebih dahulu 3 hingga 4 sdm biji rami ke dalam secangkir air. Diamkan semalaman, lalu pagi harinya saring dan konsumsi air tersebut. Anda bisa menggunakan cara ini setiap hari atau menjadikan biji rami sebagai salah satu bahan masakan, seperti untuk membuat sup dan salad.

  1. Jahe

Jahe terkenal akan kandungan anti-inflamasi yang kuat, sehingga cocok untuk mengatasi peradangan serta kram saat menstruasi, termasuk juga digunakan sebagai cara alami mengatasi endometriosis. Jahe juga dapat berperan baik dalam membantu membersihkan organ hati dari racun.

Untuk cara mengonsumsinya bisa dengan cara direbus terlebih dahulu selama 10 menit besama dengan 2 cangkir air. Anda bisa menggunakan 1 sdm parutan jahe saja. Jika sudah, konsumsi sebanyak 2 hingga 3 cangkir setiap hari.

  1. Memijat

Memijat bagian panggul serta perut juga dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat endometriosis. Anda bisa memijat daerah tersebut dengan menggunakan minyak esensial, semisal lavender, kelapa ataupun zaitun. Lakukan pijatan sembari tidur selama 5 hingga 10 menit setiap hari.

  1. Dandelion

Tidak sedikit ahli herbal yang merekomendasikan dandelion sebagai cara alami mengobati endometriosis. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan pada dandelion yang dapat membantu mengurangi gejala endometriosis, sekaligus juga membantu memperkuat fungsi hati serta ginjal. Anda bisa menggunakan akar dandelion yang sudah dikeringkan sebanyak 1 sdt. Selanjutnya masukkan akar tersebut ke segelas air panas. Diamkan sembari ditutup selama 10 menit. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu jika ingin.

Cara Alami Mengobati Endometriosis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply