Cara Alami Mengobati Bintik-Bintik

Bintik-bintik datar, bulat ataupun berwarna coklat dengan ukuran yang berbeda-beda menurut American Association of Dermatologists (AAD) merupakan salah satu tanda kerusakan kulit. Penyebabnya bisa dikarenakan paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon dan faktor genetika. Meski bisa timbul di mana saja, namun pada umumnya bintik muncul di area kulit yang terkena sinar matahari. Untuk mengatasi masalah kulit ini, Anda bisa mencoba beberapa cara alami mengobati bintik-bintik yang akan dibahas pada daftar berikut.

cara alami mengobati bintik-bintik

cara alami mengobati bintik-bintik

  1. Jus lemon

Jus lemon sangat efektif untuk mengobati bintik-bintik. Selain itu, lemon juga mengandung sifat pemutih kulit alami, sehingga cocok untuk menghilangkan bintik gelap di kulit. Anda bisa menggunakan jus lemon segar untuk memijat daerah kulit yang berbintik. Selanjutnya diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Madu

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik adalah madu alami. Di sini madu mengandung enzim yang dapat meringankan pigmentasi pada kulit. Selain itu madu juga dapat menjadi humectant, yang mana sangat cocok untuk dijadikan moisurizing alami untuk kulit Anda.

Cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan madu dengan air. Selanjutnya panaskan di dalam microwave, lalu terapkan ke area kulit yang berbintik. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan metode ini setiap hari selama beberapa minggu.

  1. Pepaya

Anda bisa membuat jus pepaya untuk menyingkirkan bintik-bintik di kulit yang mengganggu. Hal ini dikarenakan kandungan enzim papain yang dapat membantu meringankan bintik-bintik. Untuk pengolahannya Anda dapat membuat beberapa potong pepaya menjadi jus. Setelah itu terapkan ramuan tersebut ke bagian yang terkena bintik menggunakan bola kapas sembari dipijat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

  1. Bawang

Cara alami mengobati bintik-bintik lainnya adalah dengan menggunakan bawang. Penelitian menunjukkan bahwa bawang mengandung sulfur, yang mana merupakan properti eksfoliatif alami. Maksud dari eksfoliatif adalah pengelupasan, sehingga nantinya bawang dapat membantu tubuh untuk mengelupas kulit-kulit yang berbintik, termasuk juga sel kulit mati. Untuk hasil yang terbaik, Anda bisa menggunakan bawang merah.

Pengolahannya bisa dengan memotong atau mengiris tebal sebuah bawang merah. Selanjutnya gosokkan secara perlahan ke area yang berbintik sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan cara ini hingga bintik memudar.

  1. Lobak

Lobak mengandung kadar vitamin C yang tinggi, sehingga manfaatnya tidak jauh berbeda dengan lemon, yaitu sebagai cara alami mengobati bintik-bintik, sekaligus juga untuk menghilangkan noda secara alami. Selain itu lobak juga mengandung antioksidan yang dengannya dapat menjaga kesehatan sekaligus membuat kulit menjadi lebih awet muda. Untuk penerapannya bisa langsung digosokkan ke bagian yang berbintik. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini setidaknya sekali dalam sehari.

Cara Alami Mengobati Bintik-Bintik | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply